Beranda

Langsung ke konten utama

Review DOOM AT YOUR SERVICE (2021); Ketika Malapetaka Mempunyai Wujud


Bagaimana perasaanmu jika suatu hari malapetaka menerobos masuk ke rumahmu? Tidak dalam wujud bencana seperti banjir, namun sesosok pria yang pesonanya diluar logika? 

Setelah hanya saling menjadi cameo di drama masing-masing, kali ini Seo In Guk dan Park Bo Young benar-benar dipasangkan sebagai lead. Keduanya didapuk memerankan karakter manusia dan serupa-dewa di drama romansa-fantasi, Doom At Your Service

CAST


Tak Dong Kyung (Park Bo Young). Editor Senior webnovel di perusahaan Life Story. Berani, lugas, dan senyumnya indah. Punya adik semata wayang bernama Sun Kyung. Sejak kematian orang tuanya, Dong Kyung menjadi pribadi yang selalu berusaha mandiri. 

Myul Mang (Seo In Guk). Penguasa kehancuran. Setiap yang binasa di dunia adalah akibat keberadaannya. Tampan, menawan, bisa teleportasi, dingin dan tak berperasaan. Hanya berkawan dengan Shinhyosin (Dewi). 

Na Ji Na (Shin Do Hyun). Salah satu penulis Life Story. Sahabat Dong Kyung sejak SMA. Perempuan berparas manis yang punya romansa masa lalu dengan Hyun Kyu. 

Cha Joo Ik (Lee So Hyuk). Ketua Tim Editor Life Story. Karakter wajahnya mirip dengan makhluk-makhluk supranatural. Kata-katanya setajam pisau, serius, tapi terkadang bisa lucu. Terjebak dalam hubungan Hyun Kyu dan Ji Na.

Lee Hyun Kyu (Kang Tae Oh). Mantan atlet renang yang sekarang menjadi pemilik kafe. Kalem, manis, bertekad kuat. Cha Joo Ik's roommate. 


SINOPSIS
Satu hari dalam hidup Dong Kyung tak pernah sekompleks ini. Dia divonis menderita glioblastoma (tumor otak) dan hanya punya waktu hidup 3 bulan. Lalu, dia baru tahu bahwa pacarnya selama ini adalah pria beristri. Wanita itu mendatangi Dong Kyung, mendamprat dan menyiraminya dengan air. 

Hari itu pula, dia dimarahi di kantor. Sun Kyung juga merepotkannya, justru di hari kematian orangtua mereka. Lantas dalam keadaan mabuk sepulang kerja, dia berseru keras, kenapa dunia tidak kiamat saja agar hari ini tak usah dia jalani. 

Tengah malam saat dia nyenyak tidur, Myul Mang menerobos masuk ke rumahnya. Membuat Dong Kyung kebingungan setengah mati, apalagi pria itu bilang Dong Kyung-lah yang mengundangnya kemari. 

Annyeong!

Rupanya permintaan Dong Kyung untuk kehancuran dunia itu, didengar oleh sang tombol malapetaka ini. 

Selama eksistensinya, Myul Mang sangat ingin mengakhiri dunia. Namun dia tak kuasa melakukannya jika bukan atas kehendak manusia. Maka permohonan Dong Kyung seperti sebuah kesempatan baginya.

Myul Mang lantas mengajukan kontrak kerjasama pada Dong Kyung yang akan berjalan selama sisa 3 bulan hidupnya . Dong Kyung harus membuat permohonan agar dunia hancur sebelum 3 bulan tersebut berakhir. Dan sebagai gantinya, Myul Mang berjanji akan menghilangkan rasa sakit Dong Kyung. 

Myul Mang memang sukanya yang ekstrim-ekstrim 😌

Awalnya, Dong Kyung tentu tidak mau menyetujui perjanjian dari pria yang baru saja ditemui. Namun, Myul Mang terus mengikuti dan membujuknya. Hingga di suatu titik, Dong Kyung nyaris mati sementara sakit di kepala akibat tumor tak bisa dia hilangkan. 

Dong Kyung akhirnya mengulurkan tangan menerima 'bantuan' Myul Mang. Sayangnya, mereka berdua tidak menyadari bahwa takdir yang mempertaruhkan hidup dan mati telah menunggu mereka di pintu gerbang bernama romansa. 


REVIEW 
Sebetulnya setelah draft awal artikel ini selesai, aku membiarkannya lama sekali (dan sekarang sudah dua minggu berlalu). Bukan karena kekurangan bahan, tapi aku merasa keindahan drama ini nggak cukup diwakili dengan kata. 

DAYS is so beautiful. 
Dari berbagai aspek sampai-sampai aku masih nggak percaya dia udah tamat. 

Lead yang tampan dan cantik? Ada. Bahkan lima pemeran utamanya good looking semua. 
Ost? Jangan tanya, easy listening. Nggak banyak seperti drama-drama lain, tapi seluruhnya bagus. 
Sinematografi? Naskahnya gimana, gan? 

Damn. I love the combo of them
Naskah DAYS ditulis dengan gaya sastrawi, Park Bo Young dan Seo In Guk yang bilang sendiri di sebuah wawancara. 

Nah, naskah yang seperti itu berpotensi membosankan kalau nggak dibarengi dengan eksekusi yang sejalan. Dan penyutradaraan DAYS benar-benar mewakili naskahnya! 

Awalnya sih, Dong Kyung nyumpahin Myul Mang biar si mamang bencana ini musnah saja- 

Ada salah satu adegan Dong Kyung sedang dibawa dengan brankar di rumah sakit. Sepanjang perjalanan menuju ruangan, kamera berfokus pada lampu-lampu di atap, seakan itu sudut pandang Dong Kyung. Lalu adegan tersebut dipadukan dengan flashback sosok Myul Mang. 

Interpretasi sederhananya adalah Dong Kyung memikirkan Myul Mang selama dia dibawa oleh perawat. Tapi cara sutradara mengarahkan kamera pada barisan lampu-lampu itu membuatnya punya sisi puitis yang indah sekali. 

On every lamp's light she stares in her way, she also can sees every single memories of a man she loved. He is the Light, not her misery❤

(Saking terpengaruh dengan keindahannya, aku juga ikutan puitis 🀭)

-tapi akhirnya nanya ramyeon mokgo-gallae juga 🀣

Dialognya juga sangat-sangat cantik. Kalau ditulis dengan kata-kata biasa, jatuhnya akan jadi menggelikan. Tapi love-word nya DAYS dipermak sedemikian rupa hingga sisi cheesy-nya itu tidak terlalu mengganggu. Jadi penonton bisa baper tapi tetap meninggalkan kesan. 

Ini salah satu dialog favoritku. 

Belum lagi dengan akting dan chemistry dua leadnya. 

Seo In Guk bahkan seperti berakting, with every single elements of his body. Tatapannya sangat hidup, gerak-geriknya tak canggung. Dengan melihat matanya saja kita tahu konflik emosi apa yang sedang dia rasakan. 

Apalagi kalau sedang menatap Dong Kyung dengan penuh perasaan begini.
RIP, MY HEART. 

Park Bo Young juga demikian. Karakter cerewetnya doi sebetulnya agak mirip dengan perannya di Oh My Ghost. Tapi disini kita bisa melihat secara utuh sosok Dong Kyung yang luar tampak tangguh nan ceria, namun sesungguhnya ingin menangis. 

Dan pemirsa, tidak cukup dengan akting mumpuni, kedua orang ini juga menghajar perasaan penonton dengan chemistry yang dapat kukatakan, beyond imagination

Mereka pacaran, ikut berbunga-bunga. Mereka menderita, ikut cirambay menghabiskan tisu. Mereka saling tatap, ikut baper. Mereka saling debat, ikut terbahak karena gemas. 

Aku akhirnya bisa merasakan kalimat I've never know I need this pairing before yang sering digadang-gadang kdramalovers. Benar, aku nggak menyangka duet Bo Young-In Guk bisa sangat luar biasa begini. 

Bahkan Behind The Scene-nya pun gemas sekali, pemirsa. Cobain, deh. Dijamin senyam-senyum sendiri!
(Foto ini kusimpan dari twitter tapi lupa akunnya. Let me know if you know πŸ˜‰) 

Doom At Your Service juga nggak ketinggalan menyelesaikan semua detail. Baik dari aspek fantasi atau life story para karakternya. 

Semua peran yang muncul tak hanya untuk menghiasi layar. Masing-masing mereka diberi tali penghubung antar satu dan lainnya, yang hebatnya tidak putus sampai akhir. 

Para penulis, editor dan direktur Life Story. Bibi serta paman Dong Kyung. Bahkan dua ahjumma yang perannya ghibah-in 'hantu' Myul Mang di rumah sakit hahaha.

Young Prince, satu-satunya manusia yang berani ngejekin Myul Mang 🀣

Finally, DAYS akan jadi drama romansa yang selamanya berkesan dan punya tempat khusus di hatiku. 

Aku bakal kangen berkali-kali dengan DongMang, Joo Ik dan Ji Na. Aku juga masih akan merindukan semua karakternya, apalagi Sun Kyung (Dawon SF9) yang jadi mood-maker. Cakep loh, aktingnya doi. 

Kuylah Dawon, kutunggu dramamu yang lain!

Jjang!! 


DRAMA'S CORNER

Drama: Doom at Your Service (English title) / One day, Doom Entered The Front Door Of My House (literal title)

Revised romanization: Eoneu Nal Woori Jib Hyungwaneuro Myeolmangyi Deuleowadda

Hangul: μ–΄λŠ λ‚  우리 집 ν˜„κ΄€μœΌλ‘œ 멸망이 λ“€μ–΄μ™”λ‹€

Director: Kwon Young-Il

Writer: Im Meari

Network: tvN

Episodes: 16

Release Date: May 10 - June 29, 2021

Runtime: Monday & Tuesday 21:00

Streaming: VIU (Original)

Zey’s Review: 5/5


Dari sekian ostnya yang enak, this one is my favorite. Efek kupu-kupunya bisa berkali lipat kalau pas lagi jadi latar adegan romantis ☺


P. S: Seo In Guk juga mengisi ost plus menulis liriknya sendiri, setelah 3 tahun vakum. Berjudul Distant Fate. Tipe lagunya yang diawal nggak terlalu nendang tapi nagih setelah didengarkan sekian kali. 

Here you go for the youtube's MV link: 











Komentar