Langsung ke konten utama

Review THE CLIENT (2011); Intrik Pembunuhan yang Penuh Taktik

Halo, kengkawan.
Anneyonghaseyo :D

Postingan kali ini aku mau ngebahas film korea yang lumayan jadul. As i mentioned on title bar, it's The Client. Film berdurasi 123 menit, dengan mengusung tema hukum sebagai plot utama. Rilis di tahun 2011, The Client mengantongi tiga lead actor yang udah nggak perlu ditanya lagi kualitas aktingnya. Ada Ha Jung Woo sebagai pengacara Kang. Park Hee Soon sebagai jaksa Ahn, dan Han Chul Min sang tersangka yang diperankan oleh Jang Hyuk. 

zoommovie.com

Baca juga: Review Film Ashfall; Film Disaster yang Humanis

PLOT
The Client berkisah tentang Han Chul Min yang dituduh membunuh istrinya. Pagi buta sepulang kerja, dia kembali ke apartemen untuk merayakan ulang tahun pernikahan dengan sang istri. Tapi apa dapat dikata, setiba di unitnya, ia disambut oleh polisi yang menangkapnya dengan tuduhan pembunuhan, dengan bukti linangan darah di atas kasur.

Pengacara Kang kemudian mengambil kasus ini, berusaha membuktikan bahwa kliennya tidak bersalah. Dimulailah investigasi tim, dengan olah TKP, wawancara dengan saksi-saksi, dan rekaman CCTV. Bagaimanapun, ia ingin memenangkan kasus ini dan membebaskan Chul Min.

Sedangkan Jaksa Ahn sangat percaya bahwa dalang pembunuhan ini adalah Chul Min. Ia orang terdekat korban, dan pernah memiliki rekam jejak sebagai pelaku pembunuhan suatu kasus meski tidak terbukti. Penyelidikannya sempat menemui jalan buntu sebab yang ada hanyalah bukti tidak langsung--darah di TKP--, sedangkan jasad korban belum ditemukan.

Saking sulit mencari bukti valid, kedua tokoh hukum ini sampai menggunakan 'pancingan' untuk memvalidasi argumen masing-masing. Tim Pengacara Kang menjanjikan uang pada saksi yang melihat mobil Chul Min jauh dari TKP saat pembunuhan terjadi. Sedangkan Jaksa Ahn memberikan file kasus lama pada Pengacara Kang yang menunjukkan bahwa Chul Min adalah tersangka utama pembunuhan sadis seorang gadis.
REVIEW
Thrillernya menegangkan abis. Dari tampilan darah yang dramatis, scene pembunuhan di menit-menit terakhir, dan gimana jasad korban dipindahkan, sukses bikin aku merinding. Kamu yang suka genre-genre thriller bakalan suka sama film ini.

Sajian suasana hukumnya mantap. Karena dua male lead di film ini adalah Pengacara dan Jaksa, jadi harus ada scene tentang itu dong. Gimana perjuangannya cari bukti valid, membela dan mengajukan tuntutan pada tersangka. Jung Woo dan Hee Soon sunbae are make it great! Ga perlu disangkal lagi emang. Joosss bin mantuuull..

Ditambah dengan akting Jang Hyuk sebagai pria yang baru kehilangan istri. Wajahnya murung sepanjang hari di tahanan, bahkan ia menolak berbicara dengan sang pengacara jika Kang tidak mempercayainya. Apalagi pas Pengacara Kang mencungkil sisi emosinya di ruang sidang. Duh, tangisnya bikin peserta sidang seketika menaruh simpati dalam-dalam.

Nah, kelemahannya, ada satu scene yang kurasa ga perlu ditambahkan ke dalam cerita. Seperti adegan sang istri yang tiba-tiba muncul di apartemen, buka kulkas dan minum air dingin. Eiiiiyyy scene sebelumnya apa..lanjutannya apa.

Yha, mungkin sang sutradara ingin membolak-balik keyakinan pemirsa, jadi dimunculkanlah sang istri tiba-tiba--yang bikin aku sempat goyah juga sebenernya hahaha--. Tapi hasilnya setelah film habis, adegan ini jadi gak penting dibubuhkan di tengah tayangan.

Baca juga: Review Film Forgotten; Mencungkil Ingatan yang Dilupakan

FILM'S CORNER
Movie: The Client (English title)
Revised romanization: Uiroein
Hangul: 의뢰인
Director: Sohn Young-Sung
Assistant Director: Lee Keun-Woo
Writer: Lee Choon-HyungSohn Young-Sung
Producer: Kim Jo Kwang-Soo, Shin Chang-Kil
Cinematographer: Choi Sang-Ho
Release Date: September 29, 2011
Runtime: 123 min.
Genre: Drama / Suspense-Thriller / Law
Distributor: Showbox
Streaming: VIU

Komentar

  1. akhirnya ada link donlod, masukan lagi sis, tampilkan rating menurut IMDB sama Rotten Tomatoes juga, karena biasanya pemirsa kayak aku butuh informasi dari kedua situs rating film itu....heee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hemph..siap siap. Thanks for ur advice. Sering-sering mampir yhaa :D

      Hapus
  2. Kupikir cuma aku yg bingung ada scene si istrinya minum air

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha betul ka. Maksud dari scene itu ga clear sampe ending 😂

      Hapus

Posting Komentar

Komentar anda akan ditampilkan setelah ditinjau