Beranda

Langsung ke konten utama

Review 3 Film Pemenang Baeksang Award (Korea) 2021


1. Best Film: Samjin Company English Class (2020) 

Tentang sekelompok karyawan wanita yang berusaha mengungkap korupsi di perusahaan. Mengambil latar tahun 1990-an, mereka memulai pergerakan dari ruangan belajar bahasa inggris. Dibintangi oleh Esom dkk.


Review Singkat:
Konfliknya tampak ringan, namun disajikan dengan tempo cepat. Entah ada faktor dari subtitlenya atau bukan, tapi aku pribadi butuh pause atau mengulang untuk mengerti. Kalau punya bekal pengetahuan lingkungan kerja Korea tahun 90-an sepertinya akan membantu. Selebihnya, film ini heartwarming dan asyik untuk diikuti. 

Rate: 4/5 | VIU

2. Best Supporting Actor: Deliver Us From Evil (2020)

In Nam (Hwang Jung Min), pembunuh bayaran yang terampil. Misi terakhirnya adalah membunuh seorang Jepang berstatus tinggi. Dia berniat pergi ke Panama ketika orang-orang terdekat dari masa lalunya terlibat penculikan beresiko nyawa. In Nam akhirnya memutuskan untuk menyelamatkan, sementara dia diburu oleh adik sang korban terakhir, Ray (Lee Jun Jae) sang penjagal.


Review Singkat:
Persis seperti kesan nonton The Man From Nowhere-nya Won Bin: gore! 

(Cerita dan konfliknya juga mirip, btw). 

Ray bahkan punya hobi menjagal dengan menggantung korbannya secara terbalik. Meski memang nggak ditampilkan secara eksplisit adegan jagal ini, mungkin bakal terlalu sadis. Tapi tenang saja, masih banyak adegan tusuk-menusuk yang akan membuatmu berseru wow atau ngeri menutup layar.

Duet om Lee Jun Jae, Hwang dan Park Jeong Min yang membuat film ini pecah. Actionnya keren, komedi si waria mantap betul. Melambai-lambai, merayu-rayu bak perempuan tulen. Pantas Park Jeong Min dapat Best Supporting Actor, awal lihat nggak ngenalin lho saya hahaha.

Satu hal yang membuatku gemas: ini agen mumpuni dari KorSel apa tidak dilatih menjahit luka ya, kok melulu pakai steples. Mana habis itu bersimpuh di lantai dengan santai seperti pahanya nggak pernah dijahit steples :(

Rate: 4/5 | VIU, Iqiyi

3. Best Screenplay: The Day I Dead Unclosed Case (2020)

Saksi penting sebuah kasus dinyatakan hilang. Gadis itu, Se Jin, diduga terbawa arus ombak setelah melompat dari tebing. Tubuhnya tak pernah ditemukan karena topan di malam kejadian. Dia hanya meninggalkan sepatunya di tepi tebing dan secarik surat wasiat di kamar. 

Sementara itu, Kim Hyun Soo (Kim Hye Soo), cuti panjang setelah terlibat tabrakan tak sengaja saat sedang bertugas. Detektif wanita ini juga dalam proses perceraian karena perselingkuhan suaminya. 

Untuk bisa kembali bekerja setelah semua yang terjadi, dia harus menyelesaikan kasus Se Jin, yang ternyata menyeret Hyun Soo untuk membuka semua 'luka' dalam dirinya. 


Review Singkat:
Baru banget kuselesaikan, dan masih dibuat mindblowing sama ceritanya. Bukan plot twist yang mengejutkan, hanya saja penjelasan misteri menjelang ending seperti berjalan di dua dimensi berbeda. Jadi instingku diajak menebak-nebak genre film ini ada fantasinya atau nggak hahaha. 

Eksekusi The Day I Dead khas film festival banget. Bagaimana ya bilangnya. Nuansanya seperti film yang punya makna berlapis-lapis, nggak eksplisit. Sebetulnya cukup ringan diikuti dari awal, misterinya pun nagih, tidak sulit menebak-nebak, apalagi performa Kim Hye Soo yang menjelang separuh abad namun tetap memesona. Masih stunning banget, gais!

Wah, padahal kayaknya di make-up tipis-tipis aja itu. 

Overall, kalau kamu tipe penonton sepertiku yang juga mindblowing, mengulang film ini dari awal bisa jadi pilihan tepat untuk mengerti ceritanya secara utuh. Oh iya, akting Roh Jung Eui dan ahjumma Parasite, Lee Jung Eun juga bagus banget!

Rate: 4.3/5 | VIU















Komentar