Skip to main content

Review dan Sinopsis Film INTRUDER (2020); Teror Sang Pengacau


Nonton ini iseng aja, karena temenku bilang lagi rame. Ternyata di Korea, Intruder jadi film laris dan masuk box office. Lihat-lihat, trailer dan premisnya menarik. Mirip Forgotten lah ya, bedanya disini si adik yang dicurigai. Dan sekalian pula nonton aktingnya mbak Ji Hyo, soalnya aku nggak terlalu ngikutin sepak terjangnya doi. 

Nah, memang ada apa sih sama si adik yang diperankan Song Ji Hyo ini? 


SINOPSIS
Seo Jin (Kim Moo Yul) adalah seorang arsitek. Dalam scene pembuka, dia sedang presentasi tentang rancangan bangunannya. Di tengah sesi, dia tiba-tiba berkeringat dingin ketika salah satu klien dalam forum bertanya tentang definisi "home" bagi Seo Jin. 

Usut punya usut, rupanya Seo Jin trauma. Istrinya belum lama mati gara-gara kecelakaan tabrak lari yang terjadi di depan matanya. Dia pindah ke rumah orangtuanya bersama sang putri, karena tidak mampu tinggal di apartemen yang penuh dengan kenangan istrinya. 

Seo Jin juga menjalani terapi hipnosis yang bertujuan untuk mencari sang pelaku tabrak lari. Berkali-kali mencoba, ingatannya selalu tercampur dengan memori akan hari hilangnya sang adik perempuan 25 tahun lalu. 

Suatu kali, dia dihubungi oleh panti asuhan yang menginfokan bahwa adiknya ditemukan. Sebetulnya, Seo Jin tidak berharap lebih akan kehadiran adiknya. Sudah 25 tahun, pasti banyak hal yang berubah. 

Tapi ayah dan ibu Seo Jin senang mendengarnya. Mereka memaksa Seo Jin untuk membawa Yoo Jin (Song Ji Hyo) tinggal bersama. Dan ternyata firasat Seo Jin benar. Membawa Yoo Jin yang terasa asing adalah hal yang keliru. 


REVIEW 
Plotnya dari awal sudah bikin penasaran. Memang kenapa kok ditanya tentang rumah saja, Seo Jin sudah sesak napas begitu? Ini Yoo Jin di premisnya mencurigakan, apa nih yang dia sembunyikan? 

Teka-teki tentang sisi misterius Yoo Jin ini dibangun sedemikian rupa. Dari Yoo Jin yang mulai mencurigakan dan satu persatu anggota keluarga Seo Jin yang perlahan berubah kayak orang lain. Dibubuhi scoring menegangkan dan beberapa jumpscare yang berhasil bikin aku ngumpat gara-gara kaget. 

Nah, Intruder berhasil membuatku penasaran dengan rahasia Yoo Jin. Tapi setelah diungkap, kok ya terasa "meh". Soalnya aku berharap titik tolak Yoo Jin nih lebih serius macam tindak kriminal atau apalah. 

Bisa aja diterima, tapi kayak apeuw banget gitu. Di KorSel memang rame sih berita "latar belakang" si Yoo Jin ini. Bahkan, ada drama yang menjadikannya main story. 

Trailer Intruder

Tapi disamping itu, kuakui penyelesaian konfliknya di ending cukup pas. Sisi thriller sama akting duo leadnya juga totalitas. Nggak tanggung-tanggung nampilin scene kejam. Mayat penuh luka nggak malu-malu diekspos. Tone warna film nya juga mendukung sekali bikin tegang ngikutin cerita Seo Jin yang berusaha mengatasi teror. 

Lalu akting Ji Hyo eonni meyakinkan banget. Ekspresi, tingkah, senyum misteriusnya mantuul. Nonton Moo Yul sunbae jadi ikut stres. Ibarat sudah jatuh, tertimpa tangga. Woi lah, gue cuma mau nyari pelaku tabrak lari, kenapa jadi runyam begini? 

Gregetan juga yang nonton, maunya masuk layar dan bantuin Seo Jin. Eh jangan deh, ngeri diajak Yoo Jin ke gunung  🀣


FILM'S CORNER 

Movie: Intruder (English & literal title)

Revised romanization: Chimibja

Hangul: μΉ¨μž…μž

Director: Son Won-Pyung

Writer: Son Won-Pyung

Producer: Park Kyung-Won, Jang Won-Suk

Cinematographer: Baek Yoon-Suk

Release Date: June 4, 2020

Runtime: 102 min.

Genre: Mystery / Thriller

Distributor: Acemaker Movie Works

Streaming: IQIYI








Comments