Langsung ke konten utama

WATCHER; Mengejar Polisi Korup sang Pembunuh Berantai


Lepas dari image romantis, Seo Kang Joon menjajal kemampuan akting lewat drama bergenre thriller besutan OCN, Watcher. Beradu akting dengan para aktor veteran, ia berperan sebagai polisi yang berkarakter dingin namun berhati lembut.

Beberapa pemainnya antara lain Han Suk Kyu yang di tahun 2016 berakting sebagai dokter di Romantic Doctor Teacher Kim. Aktris cantik Kim Hyun Joo,  kakak galak tapi penyayangnya Gu Jun Pyo di drama Boys Before Flowers (ada yang masih inget doi bawa tongkat baseball buat mukul Jun Pyo? :D). Lalu Heo Seong Tae yang setia jadi villain di film dan drama-dramanya.
PLOT
Kim Young Goon (Seo Kang Joon) berprofesi sebagai polisi lalu lintas. Dari luar ia tampak dingin dan tak berperasaan. Tapi pikiran dan batinnya masih terluka akibat peristiwa pembunuhan sang ibu serta ayahnya yang dipenjara atas tuduhan pembunuhan istrinya. Suatu hari saat bertugas, ia menemukan kasus besar dibalik pengemudi yang melanggar lalu lintas.

Dari titik ini, Young Goon mulai berhadapan dengan masa lalu dan bertemu dengan orang-orang terkait. Do Chi Gwang (Han Suk Kyu), ketua tim Investigasi Korupsi, sahabat sang ayah sekaligus partner tim 15 tahun lalu. Dan Han Tae Joo (Kim Hyun Joo), mantan jaksa yang pindah profesi sebagai pengacara sebab trauma dengan peristiwa mengerikan yang pernah dialaminya. 
REVIEW
Siap-siap muter otak kalau mau nonton drama ini ;)
Watcher ga main basa-basi, semua potongan teka-tekinya begitu banyak, jadi butuh waktu yang ga sebentar untuk mencerna.

Source: wowkeren.com

Di beberapa episode pertama mungkin kita masih diajak keliling-keliling menyusuri berbagai pembunuhan. Dari yang biasa sampe yang mengerikan dan bikin nelen ludah. Apalagi kalau udah menyangkut mayat dengan ibu jari yang dipotong. Suaranya pas motong itu lho bikin ngilu, pake stang pula :(

Tapi setelah faktanya mengacu ke bagian internal kepolisian, kita udah ga bisa percaya sama siapapun karena chakka-nim ngebuat kita curiga sama semua orang kecuali Young Goon! Bener deh, bahkan ada yang bilang kalo orang lewat aja dicurigain, saking kuatnya keparno-an yang ditanem.

Do Chi Gwang Timjang-nim 

Jadi titik cerita Watcher ada di pembunuhan ibunya Young Goon. Sebenarnya Kim Jae Myung (ayahnya Yong Goon) udah ditetapkan sebagai tersangka karena kesaksian Young Goon waktu kecil dulu. Tapi sebenarnya Young Goon ragu sama ingatannya malam itu, makanya dia memutuskan untuk jadi polisi untuk membuktikan kebenarannya.

Polisi yang nangkep Jae Myung waktu itu adalah Chi Gwang, yang  merupakan rekan satu tim Jae Myung. Ada bukti berupa jaket Jae Myung yang berlumuran darah istrinya, dan Jae Myung ditahan selama 15 tahun dengan bukti itu.

Lalu petugas hukum lainnya yang terlibat adalah Tae Joo yang saat itu masih jadi jaksa. Dia mengurus kasus Jae Myung, dan karena sebab tertentu suatu malam dia diserang di rumahnya. Ibu jarinya dipotong, begitu juga dengan jari suaminya. Dari kejadian itu, Tae Joo pindah profesi jadi pengacara dan menanamkan tujuan untuk mencari pelaku keji yang membuat dia trauma.

Han Tae Joo <3 

Nah, ternyata setelah ditelusuri, semua pembunuhan itu bermuara pada satu kelompok elit polisi bernama Jang Society. Satuan kelompok yang dibuat polisi yang ga puas sama hukum; katanya hukum yang ada terlalu longgar bagi pelaku kejahatan. Pemimpin mereka bakal ngasih perintah lewat pesan spam, dan nyewa killer (yang juga dari kepolisian) buat mengeksekusi tiap korban yang menurut mereka pantas dimusnahkan. Ciri-ciri pembunuhannya adalah ibu jari korban yang dipotong. Jang Society juga dicurigai karena pembunuhan dengan ciri serupa sudah ada sejak 15 tahun lalu, dan berkaitan dengan kasus ibunya Young Goon serta Pengacara Han.


Menurutku, alurnya Watcher ini bukan lagi maju mundur, tapi emang mundur awkwk. Tolak ukurnya peristiwa masa lalu, dan yang dicari emang kebenaran pembunuhan ibunya Young Goon malam itu. Keraguan ingatan Young Goon, kejadian sesungguhnya 15 tahun yang lalu di kepolisian, dan Kura-Kura si killer yang ga pernah mati dan terus bereksistensi selama 15 tahun. Semua potongan misterinya baru clear, bahkan sampai di detik-detik menjelang akhir episode 16. Kelar ga tuh :D


Kalau soal akting para pemainnya udah ga usah diragukan lagi. Veteran semua men. Seo Kang Joon sama Park Joo Hee sebagai partner sunbae nya syudah keren, apalagi kalau Kang Joon udah baku hantam, meningkat berkali lipat kerennyah hahahah.

Kalau Han Suk Kyu ahjusshi aku suka cara ngomongnya dan kalau beliau lagi menginspeksi. Lucu aja gitu, padahal dramanya serius yak wkwkwk.

Oiya, dua orang ini juga lucu. Pengacara Han dan pengawal pribadinya yang setia, Jae Sik. Dari mantan napi sampe serius belajar hukum buat ngebebasin anaknya. Interaksi dia sama pemain lainnya kayak Young Goon juga asik :D


Lalu yang baru aku notice adalah Seong Tae ahjusshi. Maennya banyak di film, dan kayaknya always jadi villain, mungkin faktor mukanya yang rada galak hahaha. Si om ini lho ga terlalu ganteng, tapi punya aura-aura mempesona gitu. Sampe aku nyoba beberapa drama dan film nya, dan ternyata aura nya bener-bener keluar pas di Watcher ini. Sayangnya ga banyak info di google tentang beliau, soalnya aku pernah cari tentang kehidupan pernikahannya belum dapet-dapet. Cuma tau kalau udah punya istri, gitu aja. Padahal aktingnya bagus euy. 


Dan akhirnya aku nemu youtube nya Happy Together, dimana Seong Tae ahjusshi diundang di acara itu (kalau mau nonton juga kutaruh link nya di bawah ya). Beliau cerita kalau baru mulai karir di dunia akting di umurnya yang ke 35. Ninggalin kerjaan yang udah mapan di perusahaan gede (kalau ga salah LG) buat kejar mimpinya jadi aktor. Sempet ditentang sama ibunya, tapi pada akhirnya membuktikan kalau dunia peran emang dunianya beliau.

Ternyata juga Seong Tae ahjusshi udah nikah sebelum jadi aktor, dan pinter bahasa Rusia. Dulu pas masih SMA juga dibilang monster, gara-gara jadi juara kelas mulu. Daebak.

Bener ya emang, kalau ga ada batas kecepatan buat mengejar mimpi. (Bukan iklan Realme :D)

Source: KdramaIndo

DRAMA'S CORNER
Stasiun tv             : OCN
Streaming             : VIU
Rating terakhir     : 6.6%
Link youtube Happy Together:  Heo Seong Tae


Komentar