Beranda

Langsung ke konten utama

Review TUNNEL (2017); Drama Thriller dengan Sajian Humanisme


Pembunuhan Hwaseong adalah salah satu serial killer's case masyhur dari Korea Selatan. Kasusnya menggemparkan. Pelakunya bertahun-tahun tak tertangkap hingga tahun 2019 lalu. Dan kejadian ini menjadi background cerita berbagai film dan drama, seperti Memories of Murder serta Signal. 

Salah satu yang terinspirasi dari kasus tersebut adalah Tunnel, drama Korea tahun 2017 yang disutradarai oleh PD Voice 3; drama thriller hits dari OCN. Tunnel juga punya versi remake Indonesia dengan judul sama, diperankan oleh Donny Alamsyah.

Disclaimer: Review ini mengandung spoiler. 

CAST

Park Kwang Ho (Choi Jin Hyuk). Detektif pembunuhan 1986 dengan pengalaman 10 tahun. Gigih, keras kepala, namun penyayang.

Kim Sun Jae (Yoon Hyun Min). Detektif Unit Kejahatan Serius 2017 yang handal nan ketus. Kematian ibunya di masa lalu mendorongnya untuk menjadi polisi dan membuatnya gigih menangkap pelaku kejahatan. 

Kiri-Kanan: Sun Jae, Kwang Ho, Jae Yi


Shin Jae Yi
(Lee Yoo Young). Profesor bidang Psikologi Kriminal. Masa kecilnya kompleks. Sempat tinggal bertahun-tahun di Inggris sebelum diadopsi oleh Dekan Hong. Dari luar tampak dingin dan tak berperasaan, namun sesungguhnya rapuh. 

Baca juga: Review Signal; Bukan Sekedar Drama Thriller-Crime

SINOPSIS

Di desa Hwayang tahun 1986, terjadi pembunuhan berantai. Enam wanita dicekik hingga mati, tangan serta kakinya diikat dengan stoking, dan di tumit kakinya terdapat titik yang berurutan sesuai giliran. Para korban adalah penduduk desa Hwayang, berusia 20 tahun-an. 

Park Kwang Ho adalah detektif pembunuhan yang bertugas bersama tim nya saat itu. Teknologi terbatas di tahun 1986 membuat pelakunya sulit diketahui. Hingga suatu malam saat Kwang Ho berpatroli, dia bertemu dengan pelaku yang sedang merokok di terowongan: TKP korban terakhir ditemukan. 

Menangkapnya tentu tak semudah yang dikira. Kwang Ho diserang tanpa sempat melihat wajah pelaku, dan dia tiba-tiba berpindah tempat ke tahun 2016, dimana sang pelaku juga belum tertangkap setelah 30 tahun berlalu. Dimulailah perburuan pelaku oleh polisi gigih ini bersama rekan satu tim barunya, demi bertemu lagi dengan sang istri, Yeon Sook.

Baca juga: The Lies Within; Drama Misteri Lainnya yang Dibintangi Lee Yoo Young

REVIEW 

Plot Tunnel solid dari awal episode. Tapi sejak pelakunya sudah ketahuan di pertengahan episode, sajian ceritanya jadi sedikit berantakan. Twist (Kwang Ho kembali ke masa lalu) yang menurutku nggak perlu. Lalu banyak adegan+dialog berulang yang gampang bikin bosan. Seolah sengaja dipanjang-panjangkan agar sesuai dengan durasi 60 menit dan 16 episode. 

Jin Hyuk ganteng banget di drama ini


Satu hal itu saja yang kusesalkan dari Tunnel, sebab nuansa thriller-crime nya konsisten sampai akhir. Apalagi si Noel pelaku utama ini. Betul kata Kwang Ho, he is not a human

Bagaimana bisa manusia yang dijuluki ciptaan paling sempurna justru membunuh dengan sadis, berlandaskan alasan remeh, dan masih bisa tersenyum bangga meyakini dia melakukan itu untuk kebenaran? 

Aktingnya si bapak juga mendukung banget lagi. Senyumnya, marahnya, kejamnya. Pertama kali diungkap, asli aku kaget. Dari awal tokoh ini sebetulnya sudah sering di close-up oleh kamera. Biasanya kalau di drama misteri begini, si tokoh pasti ada apa-apanya. 

Dan memang quote Prof Mok betulan jadi clue. "Terkadang, seseorang justru bersembunyi dalam cahaya, bukan dalam kegelapan."

Satu juga yang konsisten dari Tunnel sekaligus jadi pesona utamanya adalah psikologi kriminal. Hal ini diwakilkan oleh Jae Yi sebagai main character yang berprofesi sebagai Profesor di bidang tersebut. 

Kita akan diajak menelusuri berbagai kasus serta diskusi kuliah, untuk menyelam ke dalam peta pikiran sang pelaku. Penyampaian dialognya runut dan mudah dipahami. Asik! 

Hiburan banget nih bromance berdua! 


Semua sisi thriller, crime, misteri dan psikolog ini jadi tidak terlalu berat karena chakka-nim memberi bumbu bromance yang sangat menghibur. 

Kwang Ho-Sun Jae yang sama-sama keras kepala tapi berhati hangat; hubungan haru senior dan junior Kwang Ho-Sung Shik; sampai bromance satu tim Divisi Kejahatan Serius yang asik betul.

Mana karakter nya Tae Hee dan Min Ha unik-unik. Satu bisa tahu jam kematian mayat cuma dengan ngendus-ngendus. Satu terampil gambar sketsa dan jadi maknae terselubung 😂

Sayangnya, kalau lagi beraksi, porsi mereka bertiga kelihatan banget cuma tempelan. Apa-apa dibebankan ke Kwang Ho dan Sun Jae melulu. 

Nggak ada yang bisa lolos dari kejaranku bwahahahaha


Tunnel juga memberi porsi pas di unsur romance. Kwang Ho-Yeon Sook yang mengharukan. Lalu Jae Yi-Sun Jae yang mau pedekate aja pakai istilah kriminal. 

"Boleh nggak, saya jadi stalker-nya anda, Prof?" 

Belum lagi interaksi-interaksi implisit selanjutnya. Pokoknya bahasa romance nya tuh bahasa profesi mereka semua. Gemas banget! 

Mana awalnya Sun Jae nih dingin kayak es, tapi lama kelamaan setelah partner-an sama Kwang Ho dan jatuh hati sama Jae Yi jadi berubah polos konyol cengeng kayak anak kecil hahahaha. 

Ayo saya antar, Prof. Bahaya sendirian. Lagian kan saya sudah jadi stalker anda, Prof ☺


Dan meski Tunnel juga seperti kebanyakan drama OCN yang sadis dan terang-terangan mengekspos mayat serta proses pembunuhan, dia tak ketinggalan memberi sajian besar humanisme. 

Jangan memprovokasi pelaku! Bagaimana jika jatuh korban lagi gara-gara kau memprovokasinya? Tugas polisi yang paling utama bukanlah menangkap pelaku, tapi menyelamatkan nyawa. (Kwang Ho) 

Dari awal hingga ending drama, prinsip ini diperlihatkan. Pembunuhan enam wanita yang membuat keluarga mengalami kehilangan mendalam, bahkan satu korban meninggalkan anaknya yang masih kecil. 

Sisi kemanusiaan yang membuat Kwang Ho tidak menyerah sampai akhir, demi menepati janji pada keluarga-keluarga korban untuk menangkap sang pembunuh berantai. 

Ah, mungkin inilah satu-satunya alasan yang mengikatnya untuk melakukan perjalanan ke masa depan. Alasan yang juga membuatnya dipertemukan dengan orang-orang yang mempunyai jemalin takdir pada kasus pembunuhan berantai Hwayang di masa depan. 

Jjang! 

Baca juga: Review Drama Tale of The Nine Tailed Fox; Gumiho dan Legenda Urban Korea

DRAMA'S CORNER

Drama: Tunnel

Revised romanization: Teoneol

Hangul: 터널

Director: Shin Yong-Whee, Nam Ki-Hoon

Writer: Lee Eun-Mi

Network: OCN

Episodes: 16

Genre: Thriller, Crime

Zey’s Review: 4/5

Release Date: March 25 - May 21, 2017

Runtime: Sat. & Sun. 22:00

Streaming: VIU, Vidio, GoPlay (remake Indonesia)

 














Komentar