Beranda

Langsung ke konten utama

SCRIPTING YOUR DESTINY; Ketika Dewa Takdir Mencintai Manusia


"Love is the gift from deities for those who are brave."
(Shin Ho Yoon) 

Penulis drama Goblin, Kim Eun Sook, comeback sebagai kreator (di situs mydramalist dicantumkan sebagai produser eksekutif) di drama Scripting Your Destiny. Dia dikatakan turut mengarahkan drama yang ditulis oleh Eun Sun Woo ini. 

Scripting Your Destiny tidak tayang di televisi macam drama Korea biasanya. Dia tersedia di layanan streaming Korea, TVING. Sedangkan hak siar internasionalnya sendiri dipegang oleh Iqiyi. 

Disclaimer: This review contains minor spoilers

CAST 
Shin Ho Yoon (Ki Do Hun). Dewa Takdir Aula Mapo. Sangat berdedikasi menulis takdir keren untuk manusia. Pemilik gedung yang tampan tapi konyol. 

Myeong (Park Sang Nam). Kawan dekat Ho Yoon di aula Dewa Mapo. Easy going, ramah, penyayang, dan punya banyak rahasia. Mendeklarasikan diri sebagai pakar cinta. 

Go Chae Kyung (Jeon So Ne). Penulis yang gigih dan lugas. Hanya tinggal berdua dengan ibunya yang berbisnis kafe di gedung milik Ho Yoon. 

Jung Ba Reum (Kim Woo Seok). Asisten sutradara RBS yang berambisi menyutradarai drama terbaik. Cinta pertamanya adalah novelis Go'spresso. 


SINOPSIS 
Katanya, tiap manusia mempunyai Dewa Takdirnya masing-masing. Jalan hidup manusia ditulis di buku bersampul hitam yang dibuat oleh Sam Shin (Dewa Kelahiran). 

Ho Yoon adalah salah satu dari Dewa Takdir. Dia bertugas menciptakan jalan hidup Jung Ba Reum, manusia dengan takdir terunik yang pernah ditemuinya.

Kal So Won as Sam Shin

Suatu ketika, Ho Yoon ingin mempertemukan Ba Reum dengan sang cinta pertama. Setelah ditelusuri, rupanya identitas asli Go'spresso adalah Go Chae Kyung. 

Didorong oleh obsesinya menulis takdir terbaik untuk manusia, Ho Yoon mulai mendekati Chae Kyung untuk mengetahui tipe pria yang gadis itu sukai. 

Tapi alih-alih membuat dua manusia jatuh cinta, Ho Yoon lah yang justru mulai menyukai Chae Kyung. Perasaan yang sebetulnya tak boleh dimiliki oleh seorang Dewa Takdir. 

Usaha pertama kepoin Chae Kyung


REVIEW 
Kalau kamu butuh drama ringan yang beda dari biasanya, nonton aja Scripting Your Destiny ini.  

Plot dan dialognya unik, romansanya manis, bromancenya juara. Cocok buat kamu yang butuh hiburan, apalagi kalau lagi ongoing drama yang mbikin kepala pening macam Mouse. 

Dari episode satu, kita akan langsung disuguhkan CGI yang memanjakan mata serta dibuat takjub oleh  ketampanan dewa-dewa takdir. 

Sang Nam ganteng banget yaolo, suaranya renyah pula di telinga. Matanya juga cakep parah, saya suka!

Di akhirat ada skincare juga apa ya, sampai Ho Yoon dan Myeong bisa secakep itu. Pakai setelan coat panjang saja sudah menawan, apalagi si Myeong pakai kacamata. Bagaimana tidak langsung follow ig-nya kalau begitu?

Jangan lupa juga ada Ba Reum (iya, bukan Ba Reum yang calon psikopat itu, namanya aja yang sama). Pria yang jatuh hati pada Chae Kyung di pertemuan pertama, yang kalau lagi mode gombal suka mbikin iyuh tapi tetap manis. 


Dia bilang begitu sambil nyisir rambut lembabnya ke belakang, tersenyum lebar, disorot close-up oleh kamera. 

Sutradara paham betul ya bagaimana membuat penonton bersorak-sorai. Yah entah baper atau berseru iyuuuuuhhh.

Ih manis betul senyumnya

Selain para pemeran yang menawan, sejak awal episode kita juga akan dipikat oleh bromance dan selipan komedinya. Ho Yoon dan Myeong sedikit banyak mengingatkanku pada Wang Yoo & Kim Shin (Goblin). 

Styling, outfit dan konyolnya Ho Yoon persis dengan dokkaebi satu itu. Bromance saling-adu mulut-tapi-anehnya-mbikin-akrab duo Goblin juga bakal ditemukan di interaksi Ho Yoon dan Myeong. 

Tapi bedanya, dari awal kedua dewa ini sudah diceritakan berteman dekat, beda dengan Goblin dan Malaikat Maut yang butuh proses. 


Dari sisi romansa, sejujurnya lebih greget saat Ba Reum pedekate in Chae Kyung. Mungkin karena sudah terbaca pasangan utama bakal saling jatuh cinta bagaimanapun caranya, jadi perjuangan takdir yang lain (baca: sekenlid) jadi lebih menantang. 

Jangan-jangan sindrom tantangan inilah yang membuat second lead jadi punya pesona tersendiri dan digilai penonton. Kami haus akan tantangan! 

Masih gue pantau (pov: male lead yg ngambek gara2 sekenlid lebih disuka)

Scripting Your Destiny juga punya satu-dua kekurangan dari aspek fantasi. Namanya juga fantasi ya, jadi pasti ada benturan dengan fakta. Tapi hal itu nggak akan terlalu mendistraksi kenikmatan menonton drama ini. 

At least, begitu sampai di ending, aku pribadi lebih menyukai versi penutup SYD (kalau dibandingkan dengan Goblin). Proporsional (menyelesaikan konflik cerita) dan nggak dipaksakan untuk happy ending, dalam arti hidup bersama dan bahagia selamanya macam slogan film Disney ya. 

Jjang! 
Selamat menonton! 


DRAMA'S CORNER 

Drama: Scripting Your Destiny

Revised romanization: Dangsinui Unmyeongeul Sseugo Isseubnida

Hangul: 당신의 운명을 쓰고 있습니다

Director: Kim Byung-Soo

Writer: Eun Sun-Woo

Network: TVING

Streaming: IQIYI

Episodes: 10

Genre: Romance, Comedy, Fantasy

Zey’s Review: 4.3/5

Release Date: March 26, 2021

Runtime: Friday 16:00 

















Komentar