Beranda

Langsung ke konten utama

Review SWEET AND SOUR (2021); Genrenya sih Romance, Tapi...


"If you miss a cab, you can wait for the next one. But if you lose a person, they're lost for good."
(Ahjusshi) 


Tahun ini, Jang Ki Yong banyak ambil project aktor. Dengar-dengar sih, katanya persiapan wamil. Selain drama My Roommate is A Gumiho-nya bareng Hyeri yang lagi tayang, doi juga konfirmasi di drama mendatang bareng Song Hye Kyo. 

Lalu rupanya dia juga tampil di film Sweet & Sour ini, bareng Chae Soo Bin dan Krystal. Film ringan bergenre romance yang tayang di Netflix.

Disclaimer: Ada spoiler di akhir. Jika tidak berkenan, sila baca sampai REVIEW saja 😉

SINOPSIS (by Asian Wiki) 
Jang Hyeok (Jang Ki Yong) menjalin hubungan romantis dengan Da Eun (Chae Soo Bin), yang bekerja sebagai perawat.  Ketika mereka pertama kali mulai berkencan, Jang Hyeok adalah pacar yang manis untuk Da Eun, tetapi sekarang tidak lagi.  

Hyeok & Da Eun 

Sementara itu, Jang Hyeok mulai bekerja sebagai pekerja sementara di sebuah perusahaan besar.  Dia mencoba untuk mendapatkan posisi permanen di perusahaan.  Hal ini menempatkan Jang Hyeok dalam posisi kompetitif dengan Bo Young (Krystal), yang juga menginginkan pekerjaan yang sama.  

Jang Hyeok dan Bo Young juga bekerja sama satu sama lain dan, saat mereka bekerja bersama, mereka semakin dekat. 


REVIEW 
Cuma mau bilang: makasih banyak chakka-nim, pdnim, sudah membuat saya kesal 🙃

Baru kali ini aku menonton film Korea bergenre ROMANCE yang plot twistnya mbikin pengen lempar ponsel. Dibuat bingung, menebak-nebak, lalu sebal karena sudah berhasil masuk ke perangkap writer-nim 🙃 

Omong-omong, kalau dipikir sekarang, aku tertarik nonton juga karena baca salah satu review Tweeps, yang bilang kalau Sweet & Sour punya twist--yang lumayan mengejutkan. 

Sudahlah, coba saja untuk mengalaminya sendiri. Lalu ceritakan padaku di kolom komentar, seperti apa perasaanmu setelah menonton ini. Apa MEMBAGONGKAN juga? 🙃🤡

Hyeok & Bo Young

Sweet & Sour sebetulnya mengangkat lika-liku romansa muda-mudi perkotaan biasa. Nuansanya mirip dengan webdrama Lovestruck In The City. 

Kekinian, segar, dibalut komedi agar penonton bisa betah menyimak sampai akhir durasi. Yah, meski nggak menampik aku pribadi merasa bosan juga di tengah-tengah film. 

Tapi overall, Sweet & Sour bisa jadi salah satu rekomendasi penghabis waktu di akhir pekan. Film ini persis seperti judulnya, manis dan asam, dengan cerita yang ringan serta relatable. 


Akting ketiga leadnya juga nggak ada yang mengecewakan. Soo Bin berperan dengan sangat baik dan menonjol. Ki Yong dan Krystal sukses membuatku sebal dengan karakternya. 

Nggak ada efek terkiyong-kiyong kali ini. Hyeok di film ini menyebalkan 😌 

Nggak deh, semuanya deh nyebelin 🥱🙃😂

Writer-nim ketika membaca komentar penonton (berhasil mengecoh, yes!) 


Zey's Review: 4.3/5

ENDING EXP (Spoiler!) 
Di film ini ada sepatu lama dan sepatu baru. Jang Hyeok yang tampan, tinggi, punya mobil mini. Dan Lee Jang Hyeok yang tambun, lulusan teknik komputer, baru diterima kerja. 

Singkat cerita, Da Eun-Jang Hyeok (Jang Ki Yong) bertemu lebih dulu di RS karena kaki JH cedera. Kisah pacaran mereka seperti yang ada di film. JH pindah kerja, mereka LDR, komunikasi memburuk, Da Eun hamil, sedangkan JH tergoda dengan Bo Young. 

Lalu, Da Eun yang merasa JH sudah banyak berubah, merasa lebih nyaman dengan pasien baru yang punya nama mirip, LJH--si sepatu baru. Intinya, baik Da Eun maupun Jang Hyeok (Ki Yong) sama-sama selingkuh. 

Menyebalkan semua, kan? 🙃🙃
Karakternya, juga writernim yang mbikin tipuan ini. Keren banget, film romance tapi akhirnya mbikin mikir (aku kuat, aku kuat) 🙃🙂

Tampak bahagia sekali ya bund ☺🙃

Sampai review ini ditulis, aku masih mencocok-cocokkan perbedaan dua Jang Hyeok ini. Dan betapa halusnya writernim dan tim produksi mengecoh penonton. 

1. Direktur baru Ki Yong, pas tanya nama, dia menebak-nebak dengan menyebut marga. Mengecoh kita dengan menanamkan prasangka bahwa Ki Yong a/ Lee Jang Hyeok, padahal dia hanya menyebut Jang Hyeok. 

2. Kalau dipikir-pikir sekarang, sifat dua Hyeok ini berbeda. Jang Hyeok lebih bebas, bisa meledak-ledak kalau kesal, punya kecenderungan selingkuh, dengan mudahnya langsung pindah cewek padahal baru aja putus (hih aku sebel banget di part ini 🤬). 
Sedangkan LJH lembut dan baik banget, perhatian pula sama Da Eun. 

3. LJH lulusan teknik komputer dan baru diterima kerja. Sedangkan JH lebih ke perencanaan bangunan/arsitek dsb (nah, nggak tahu juga ya, kedua jurusan ini beririsan atau nggak) 

Ada komentar di instagram yang bilang, katanya di scene ini Da Eun sudah menggugurkan bayinya. Make sense juga, soalnya setelah keluar, Da Eun dipeluk dan mereka berdua nangis. 















Komentar