Beranda

Langsung ke konten utama

Rekomendasi Film Komedi; Rehat Sejenak dari Pusingnya Mouse


Drakorian jalur ongoing tampaknya sedang ngebul gara-gara dari Februari kemarin, drama-drama Korea serentak menayangkan thriller-misteri. Dari Beyond Evil, Luca The Beginning, Sisyphus The Mith, The Penthouse sampai Mouse. Sungguh fenomena yang mbikin beban hidup jadi berlipat ganda.

Sebagai penonton setia drama tikus yang tiap minggu dibuat keliyengan sama lapisan misteri, kejamnya pembunuhan dan tipu-tipu writer-nim. Nih, beberapa rekomendasi film komedi dan rom-com yang berhasil kutonton. Barangkali bisa mengobati 'sakit kepalamu' juga :D

1. Secret Zoo (2020)


Film komedi adaptasi webcomic dari produser Extreme Job. Bercerita tentang pengacara magang firma hukum JH, Kang Tae Soo (Ahn Jae Hong), yang ditugaskan direkturnya untuk mengembalikan kejayaan sebuah kebun binatang, Dongsan Park, hanya dalam waktu 3 bulan. Tae Soo dijanjikan akan diangkat menjadi pegawai tetap jika berhasil. 

Tapi Dongsan Park bukan hanya sepi pengunjung, melainkan bangkrut dan hewan-hewannya dipindahkan. Hanya tersisa satu-dua binatang dan seekor beruang kutub yang kondisinya memprihatinkan. 

Kepalang tanggung dan tidak bisa menyerah begitu saja untuk status pegawai tetap, Tae Soo akhirnya mencetuskan ide gila. 

Kebun binatang harus mempunyai hewan. 

Maka dia nekat membuat kostum binatang dan menyuruh para staf yang tersisa untuk cosplay jadi gorilla, kukang, singa dan beruang kutub. 

Trailer Secret Zoo

Review Singkat: 

Idenya unik, komedinya ngagetin. Seperti gaya komedi Extreme Job, tapi sedikit berbeda. Kostum hewannya nyata sekali, hampir menyamai hewan sungguhan. Pantas pengunjung tertipu dengan beruang peminum cola hahaha. Kampanye lingkungannya juga berhasil. Membuatku tersentuh dan puas dengan penyelesaian konfliknya. 

Zey’s Review: 4.7/5 | Streaming: VIU, IQIYI

2. The Odd Family: Zombie On Sale (2019)


Adalah satu keluarga di pedalaman yang punya bisnis SPBU tak laku. Saking sepinya, sang suami, Joon Gul (Jung Jae Yong), sampai memasang paku di jalan raya agar setidaknya mendapat duit dari perbaikan ban bocor. Penghasilan yang sedikit itu dijaga ketat oleh istrinya, Nam Joo (Uhm Ji Won) dalam koper mini bersandi. 

Suatu hari, datanglah zombie (Jung Ga Ram), korban percobaan penelitian oleh suatu perusahaan. Dia berkeliaran secara 'lucu' di desa dan sempat melukai kepala Man Deok (Park In Hwan), ayah Joon Gul. 

Secara mengejutkan, bukannya menjadi zombie berikutnya, Man Deok justru berubah muda. Rambut putihnya berganti hitam, kerutannya hilang, linu-linu di sendinya pun tak kumat lagi. 

Menyadari potensi bisnis, Man Deok memutuskan untuk menjadikan zombie (yang kini tinggal di gudang rumah dan diberi nama Jjongbie) sebagai ladang uang. 

Dia 'dibantu' anak pertama dan menantunya; anak lelaki kedua, Min Gul (Kim Nam Gil), karyawan yang dipecat lantas kembali ke desa; serta sang bungsu, Hae Gul (Lee Soo Kyung), remaja manis penyayang kelinci.

Review Singkat: 

The Odd Family persis seperti judulnya. Aneh. 

Dari zombie vegetarian, bisa ngomong, takut anjing pula. Belum lagi kelakuan absurd satu keluarga yang jadi sorotan utama. Keanehan yang membuat kita mengerutkan dahi heran sekaligus mbikin kita terbahak-bahak tak berdaya. 

Mana ada zombie nggak punya gigi! Mana ada!

Zey’s Review: 4.7/5 | Streaming: IQIYI

3. Milly dan Mamet (2018)


Spin-off film Ada Apa dengan Cinta yang berpusat pada romansa sahabat Cinta, Milly (Sissy Priscillia) dan teman SMA nya, Slamet alias Mamet (Dennis Adhiswara) yang sudah menikah dan punya anak laki-laki bernama Sakti. 

Mamet mengambil alih pabrik milik mertuanya, dan Milly mengasuh anak di rumah. Hingga kemudian, Alex (Julie Estelle), datang menemui Mamet untuk mewujudkan mimpi mereka dulu: membangun restoran.

Review Singkat: 

Slice of life yang dikemas dengan manis dan unik. Kehidupan Milly sebagai ibu rumah tangga, dilema Mamet untuk memilih mimpi atau meninggalkan pekerjaan yang sudah dijalani, sampai dinamika serta romansa suami-istri yang bisa membuat kita ikut sebal, tergelak atau terharu karena rasanya realistis sekali. Kita seperti menjadi bagian dari kekonyolan rumah tangga Milly dan Mamet.

Dari segi komedi, meski kadang-kadang terasa seperti panggung mini stand up comedy, aku masih suka banget cara unik dan cerdasnya bang Ernest menyelip-nyelipkan lawakan di film ini. 

Krisis identitas anjing dan kucing, interaksi nggak biasa James dan sekretaris, quote di topi-topi Yongky yang tiap scene ganti, karakter konyol Lela. Nggak lupa menyelipkan kritik sosial khas komika-komika di pentas SCA. 

Saya suka saya suka!! 

Zey's Review: 4.5/5 | Streaming: VIU, Netflix, Iflix dll

4. Sweet 20 (2017)


Remake film masyhur Korea, Miss Granny. Plot Sweet 20 tak jauh beda dengan versi aslinya, yakni petualangan seorang nenek yang secara ajaib berubah menjadi muda setelah mengunjungi sebuah studio foto. 

Niniek L. Karim dicatut sebagai tokoh utama bersama Tatjana Saphira, memerankan tokoh Fatma versi muda dan dewasa. Slamet Rahardjo sebagai Hamzah, kawan dekat yang naksir Fatma. Morgan Eoy sebagai Alan, produser musik yang kelak jatuh cinta pada Fatma versi muda. Lalu Lukman Sardi, Cut Mini, Kevin Julio dan Alexa Key; keluarga nenek Fatma. 


Review Singkat:
Mungkin karena aku lebih dulu menonton versi aslinya, komedi di Sweet 20 ini kurang nampol di beberapa tempat, jadi terasa garing. Tapi masih lumayan menghibur, apalagi kalau trio mbah-mbah; Fatma, Hamzah dan Rahayu (Widyawati) itu saling 'cakar'. Penonton jadi merasa kalau mereka bertiga ini nggak menua. Lha wong masih bisa adu mulut perkara Rahayu yang kecentilan, kok. 

Hahahaha. 

Sisi kekeluargaan dan persahabatan di Sweet 20 juga mengharukan, hal yang sama kurasakan ketika menonton Miss Granny. Set up latarnya juga indah sekali, seperti dibawa nostalgia ke Indonesia jaman dulu. Kalau dilihat-lihat, sepertinya Sweet 20 ambil lokasi di Bandung. Cmiiw ya di kolom komentar kalau salah.

Dan yang paling kutunggu-tunggu buat kejutannya adalah satu adegan penting di akhir durasi. Yep, versi muda si kakek. Ini betulan surprising, bahkan aku senyam-senyum sendiri saat menulis ini hahaha. Semacam nostalgia karena sudah lama nggak lihat doi di layar :D 

P.S: Morgan cakep banget woi di film ini demi apa!

Zey's Review: 4/5 | Streaming: VIU, Netflix, Vidio














Komentar