Langsung ke konten utama

Review Drama Korea THE LIES WITHIN


Oktober lalu, stasiun tivi OCN menggelar penayangan drama misteri yang memang menjadi ciri khasnya. Kali ini berjudul The Lies Within dan dibintangi oleh Lee Min Ki yang sebelum ini bermain di drama romantis, The Beauty Inside. Lalu ada Lee Yoo Young, aktris cantik bermata jelita sebagai pemeran utama wanita. 

Keduanya didapuk untuk memerankan dua karakter protagonis, dalam rangka memecahkan misteri dari serangkaian peristiwa mengerikan. The Lies Within mengudara dari bulan Oktober hingga Desember, dan akan disusul oleh drama baru, Tell Me What You Saw yang akan tayang bulan Februari 2020. 
PLOT
Jo Tae Sik (Lee Min Ki) berprofesi sebagai detektif. Ia akan dipindahkan ke Unit Investasi Regional namun lebih memilih mutasi ke kantor polisi tingkat desa. Di hari-hari menjelang kepindahannya, ia bertugas menginvestigasi kasus kematian seorang dewan anggota Majelis Nasional Korea, Kim Seong Chol. 

Hipotesa awal, peristiwa ini adalah kecelakaan biasa. Namun setelah Tae Sik menginvestigasi lebih lanjut, terdapat jejak ban yang sudah dihapus di TKP, dan bukan milik korban. Menantunya yang bernama Jeong Sang Hun (Lee Joon Hyuk) juga hilang setelah peristiwa itu. 

Di sisi lain, Kim Seo Hui (Lee Yoo Young), adalah putri dari Kim Seong Chol. Pasca kematian Seong Chol, ia diminta menggantikan tugas sang ayah sebagai anggota majelis. Seo Hui yang kalut dan bingung karena peristiwa mendadak yang menimpa ayah serta suaminya (Sang Hun), tidak mau menyetujui permintaan itu. Lagipula ia tidak memiliki latar belakang dan pengalaman di dunia politik. 

Namun Tae Sik dan Seo Hui kemudian bekerjasama memecahkan misteri dibalik peristiwa ini, setelah Sang Hun dicurigai berada di tangan penculik, dan beberapa potongan tubuhnya dikirimkan. Tae Sik menunda mutasinya, dan Seo Hui menerima tawaran sebagai anggota majelis. Mereka berusaha mengumpulkan potongan-potongan fakta untuk memecahkan kasus, serta menyelamatkan nyawa Sang Hun dari tangan penculik. 
REVIEW
The Lies Within ga melulu bikin ngos-ngosan ngejar penjahatnya, atau tegang sama sisi thrillernya. Masih ada sisi humanis yang bikin hati kita tersentuh, dan komedi-komedi ringan dari para karakternya. Jadi pas nonton berasa ngalir aja, meski kita masih dibuat penasaran sama scene yang akan terjadi selanjutnya.

Jo Tae Sik <3

Kengerian yang ditawarkan drama ini ada di perasaan ngilu saat potongan tubuh Sang Hun dikirim, apalagi pas dengerin penjelasan dari ahli forensik kenalannya Tae Sik. Disini kita bakalan diajak ngebayangin scene pemotongan itu, dan nebak-nebak, sebenarnya Sang Hun ini masih hidup engga sih. Joon Hyuk yang karakter sebelumnya di Designated Survivor 60 Days disumpah-sumpahin, jadi dikangenin di drama ini hahaha.

Lee Joon Hyuk as Jeong Sang Hun

Duet dua pemain utamanya juga manis, kadang pengennya dijodoh-jodohin aja nih berdua, tapi sayangnya Seo Hui masih berstatus istri orang dan cinta banget sama suaminya. Interaksi Seo Hui sama Sang Hun ini juga bikin baper, dan bikin lupa kalo lagi nonton dramanya OCN :D.

Plot ceritanya juga menyinggung sisi sains yang berkaitan dengan lingkungan. Jadi kasus yang berusaha dipecahkan oleh Tae Sik dan Seo Hui nantinya akan berhubungan dengan isu lingkungan serta pembangunan pembangkit tenaga listrik. Di salah satu scene, Seo Hui bakalan ngajak kita mengunjungi laboratorium untuk meneliti komponen tanah. Menurutku ini jadi salah satu poin plus, karena penonton bisa belajar hal baru. Especially me :D

Kim Seo Hui. Suka banget sama matanya doi. Cantik <3

Aku pun suka penyajian teka-teki The Lies Within ini. Rapi, sistematis, dijelasin secara detail tapi ga terlalu bikin pusing. Kita bisa mencerna dengan waktu singkat, tanpa harus nyari penjelasannya di beberapa episode lalu, misalkan. Walaupun bagiku, tetap aja masih agak lupa dan bikin bertanya-tanya kalau nontonnya ongoing. 

Dan seperti biasa, kayaknya ga sah ya kalo seorang penulis genre misteri nih ga mengobrak-abrik jalan pikiran penontonnya. Aku sedikit gregetan sih, udah capek-capek nebak dari awal, ternyata kita cuma dibawa menyelami 'jalan pikiran' serta rencana tunggal seseorang. Satu sisi bikin kesel karena merasa dipermainkan, tapi juga berhasil membuat penonton--aku pribadi--paham dan mengerti alasan pelaku merencanakan ini semua.

Tim Detektif kesayangan <3

Seperti judulnya, The Lies Within menampilkan kebohongan atas masa lalu. Kebohongan yang tidak berusaha diakui, hingga harus ditutupi oleh hal-hal yang semakin hari semakin besar, termasuk merampas nyawa dan merelakan orang-orang terdekat.   

Baca juga: Review Kim Ji Young Born 1982

DRAMA'S CORNER
Drama: The Lies Within (English title) / Everyone's Lie (literal title)
Revised romanization: Modooui Geojitmal
Hangul: 모두의 거짓말
Director: Lee Yoon-Jung
Writer: Jeon Young-Shin, Won Yoo-Jung
Network: OCN
Episodes: 16
Release Date: October 12 - December 1, 2019
Media streaming: Netflix


Komentar