Langsung ke konten utama

Review SIGNAL (2016); Bukan Sekedar Drama Thriller-Crime


Masuk dalam jajaran tayangan drama dengan rating tertinggi tivi kabel, Signal mengangkat konsep unik; time travel dengan berbekal seonggok walkie-talkie tua. Faktor yang membedakan Signal dengan drama bergenre serupa. 

Awalnya, aku acuh tak acuh dengan drama ini. Posternya meski simple tapi misterius, dan nggak familiar sama para pemainnya. Tapi doi sering sliweran di twitter, drakor lovers juga banyak bilang bagus, malah ditunggu season dua, katanya. Penasaran, dan masih liburan juga, akhirnya nyoba beberapa episode. Ternyata memang se-awesome itu pemirsah! Gilak!

Dicatutnya trio aktor-aktris senior menyumbang deep-nya kesan yang didapet selama nonton. Sebut saja Jo Jin Woong yang mondar-mandir membintangi banyak project film masyhur. Kim Hye Soo serta Lee Je Hoon; dua aktor dengan list drama+film yang menggunung dan banyak memenangkan award.


PLOT
Park Hae Young (Lee Je Hoon) adalah seorang letnan dan profiler kriminal. Ia sering menggunakan kemampuannya untuk menganalisa kehidupan artis dan menjual info tersebut pada wartawan. Suatu kali, Cha Soo Hyun (Kim Hye Soo) menangkap basah Hae Young dan menggelandang dirinya ke kantor polisi untuk diinterogasi.

Itu momen pertama mereka bertatap muka. Sekaligus 'pertemuan' pertama Hae Young dengan sebuah walkie-talkie tua. Saat itu ia hendak pulang setelah diinterogasi, tapi mobilnya terhalang truk pengangkut barang. Hae Young sudah menekan nomer narahubung truk tersebut, tapi malah mendengar suara berisik seperti radio yang berasal dari walkie-talkie di bagasi. 


Suara itu rupanya berasal dari masa lampau, dari seorang polisi bernama Lee Jae Han (Jo Jin Woong). Hae Young awalnya ingin mengabaikan transmisi itu ketika tahu bahwa walkie-talkie tersebut ternyata mati total, tanpa baterei. Tapi karena Jae Han menyebut-nyebut kasus yang sedang ia (Hae Young) selidiki, Hae Young akhirnya penasaran. Ia pergi ke Rumah Sakit Jiwa--yang disebut Jae Han--untuk membuktikan bahwa ia tidak gila. 

Kasus ini hanyalah awal dari transmisi-transmisi selanjutnya dengan Jae Han. Walkie-talkie itu akan bergemerisik di jam 23.23, lantas hanya bisa digunakan selama beberapa menit saja. Hae Young dan Jae Han kemudian saling bertukar informasi tentang kasus-kasus Dingin; yang entah kenapa selalu berhubungan dengan Jae Han. 

REVIEW
Maraton Signal saat sedang ongoing TKEM ituu...membantu banget buat paham teori time travel. Yep, meski objek time travelnya beda, tapi kejelasan ending Signal sedikit banyak juga dijelasin di TKEM. Teori sains yang masih belum kupahami secara utuh sampe sekarang.

Selama nonton, aku selalu bertanya-tanya soal genre drama ini, kukira masuk genre misteri macam Voice series. Ternyata lebih ke drama, thriller, plus crime. Pantes aja nggak se 'wah' produksinya OCN, karena emang genre-nya beda. Stasiunnya juga beda. Signal tvN punya. 

Ternyata aku aja yang salah paham sama genrenya hahaha.

Analisa DNA ke Amrik. Usaha paham sampe liat di kamus

Jae Han terbaiq!

Usut punya usut, Signal ditulis oleh Kim Eun Hee, screenwriter Phantom yang juga masuk list drama favoritku. Plot tentang hacker dan polisi di Phantom, serta keseruan mengeksekusi tiap kejahatan cyber, bikin doi tetep nongkrong di laptop dan masih sering pula ku rewatch. 

Nah, Signal punya kemiripan yang sedikit banyak ngingetin aku sama Phantom. Dari ide ceritanya tentang korupsi di Kepolisian, romance tipis-tipis dua pemeran utama padahal lagi ngejar penjahat, dan susunan teka-tekinya yang disusun dengan sabar tapi detail. Jadi meski nyatanya teori time travel itu rumit syekale, chakka-nim berhasil ngebuat kita paham sama jalan ceritanya. 

Bapak ini..pengen tak hihhh

Selain itu, sisi thriller Signal juga nggak kalah bikin jantung deg-degan parah. Pelan, tapi kadang bikin ngos-ngosan. Definisi pelan tapi pasti dalam bentuk thriller hahah. Udah tegang penjahatnya bakal muncul tiba-tiba, ternyata si Hae Yong yang muncul. Udah tenang ngira si korban udah jadi mayat, lalu dengan tidak berperasaan doi buka mata dalam sekali gerakan. 

Aseeeeem. 

Perbedaannya sama Phantom adalah kompleksitas emosi di Signal. Sepanjang penayangan, emosi-emosi kita juga diajak larut dalam cerita. Dari rasa haru hubungan orangtua-anak, senengnya ngikutin scene-scene romance, marah bareng sama Hae Yong kalo udah inget sama kakaknya. Makanya aku sempet bingung sama genrenya. Apa pulak drama thriller-crime tapi aku dibikin nangis sesenggukan, pas misteri 'di bawah tangga' nya Kapten Ahn Chi Soo terungkap. 

Huwaaaaa, bantalku sampe basaaah. Kim Eun Hee chakka jahaaddd.


Kalau dari segi teknis, aku suka sama timelapsenya. Nggak messy, dan estetik. Rapih aja gitu ngeliatnya. Tone warna yang digunakan juga berbeda saat menayangkan zaman dimana Jae Han hidup. Kita hanya harus sedikit jeli sama keterangan tanggal dan waktu yang tertera di layar, karena bisa jadi kalau nggak merhatiin bakal bingung. 

Chemistry Jae Han-Soo Hyun sih yang asik parah. Romancenya meski tipis-tipis juga bisaan bikin ambyar. Sederhana, manis, tapi menyentuh. Jo Jin Woong sunbae-nim berhasil banged banged membuat karakter Jae Han yang idealis, tegas, tapi perhatian beneran nyata. Kita bakal ngerasa deket sama Jae Han. Seneng bareng pas berhasil nyelesain kasus, ikutan nangis kalo doi nangis, dan senyam-senyum sama galak tapi perhatiannya doi. 


Pasca nonton aku malah jadi nge fans sama beliau dan nyari-nyari appearance-nya di youtube. Humble, berwibawa kek Jae Han, sedikit humoris juga. 

Kim Hye Soo sunbae-nim juga mantul aktingnya jadi polisi pemula yang kalem, pemalu tapi pemberani. Yang setelah beberapa tahun berlalu jadi tegas nan baik hati sebagai ketua Tim Kasus Dingin. Kukira bakal ada loveline juga sama Hae Young, secara Hae Young keknya perhatian. Tapi ternyata biasa aja sodara-sodara hahaha.

Terakhir, aku seneng karena bisa kenal dan belajar profesi profiler kriminal kek Hae Young. Jadi sedikit paham gimana cara kerjanya, belajarnya lewat analisa berbagai macam kasus dan psikologi penjahat. Lalu Hae Young yang kadang dianggap sebelah mata gara-gara masih muda dan disangka menganalisa tanpa dasar ilmiah. 

Bakal cari tontonan lain tentang profiler keknya neh.


Semua faktor diatas, pada akhirnya mengantarkan Signal memborong banyak penghargaan. Dari aktris dan aktor terbaik, naskah terbaik, sampe best drama. Nggak nyesel meski telat nonton!


DRAMA'S CORNER

Drama: Signal

Revised romanization: Sigeuneol

Hangul: ์‹œ๊ทธ๋„

Director: Kim Won-Suk

Writer: Kim Eun-Hee

Network: tvN

Episodes: 16

Release Date: January 22 - March 12, 2016

Runtime: Fri & Sat 20:30

Streaming: VIU, Netflix

 

 


Komentar