Beranda

Langsung ke konten utama

Review MR. QUEEN (2021); Drama Rating Tinggi Kelima dalam Sejarah tvN


Even if I fail, I will do my best, until this guy called fate gets tired of me. I will not let him eat me up easily. 
(King Cheoljong) 


Stasiun televisi tvN kembali pecah rekor lewat Mr. Queen; drama sageuk (sejarah) dengan campuran komedi dan romance. Drama ini berhasil memperoleh rating sebesar 17% dan membuatnya diposisikan sebagai drama berating tinggi ke-5 dalam sejarah tvN, dan ke-7 dalam rekam tayang tivi kabel. 

Sageuk sendiri adalah salah satu genre yang cukup sering diangkat oleh drama Korea. Terkadang pure sejarah, tapi belakangan lebih populer fusion sageuk; drama sejarah namun disisipi fiksi dan disajikan dengan nuansa modern.

Lalu apa sih yang menjadikan Mr. Queen sampai memecah rekor rating baru--tentu saja selain komedinya yang sangat menghibur--? Ini dia review versiku. 

Disclaimer: Review ini mengandung spoiler! 

CAST
Kim So Yong (Shin Hye Sun). Anak perempuan dari salah satu keluarga kaya raya klan Kim yang terpilih menjadi Ratu. Ayahnya bersaudara dengan Grand Queen Dowager (Nenek Suri). 

Raja Cheoljong (Kim Jung Hyun). Kaisar Joseon ke-25, keturunan raja Yeongjo. Pria kalem yang rupanya punya rahasia. Menyukai Hwa Jin yang kelak menjadi selirnya. 

Grand Queen Dowager/ Ratu Sunwon (Bae Jung Ok). Pemegang kekuasaan tertinggi klan Kim. Mertua Ibu Suri. Nenek Cheoljong dan Heonjong. Ambisius, kejam, tapi pemilih makanan. 

Kim Jwa Geun (Kim Tae Woo). Adik Ratu Sunwon, membantu ambisi kakaknya. Punya anak angkat bernama Kim Byeong In yang sangat dekat dengan So Yong. 


SINOPSIS 
Adalah Jang Bong Hwan (Choi Jin Hyuk); chef istana kepresidenan Korea yang pintar, tampan, playboy nan sombong. Suatu kali dia dituduh melakukan tindak korupsi, dikejar polisi, dan jatuh ke kolam kompleks apartemennya. 

Di ambang antara hidup dan mati, dia bertemu dengan seorang wanita. Entah apa yang terjadi, beberapa saat kemudian, dia sudah berada di Joseon. Jiwanya terkurung dalam tubuh Kim So Yong, Cheoljong's Queen to be. 

Salah gue apa yawlo kok bisa nyasar ke Joseon. Di badannya cewek pula :(

REVIEW 
Kalau dipikir-pikir sepertinya aku sudah lama nggak merasa hampa setelah drama yang kutonton tamat. Errr, kayaknya terakhir begini Mr. Sunshine deh. 

Bukan, bukan karena Mr. Queen punya ending yang sama seperti Mr. Sunshine. Tapi mungkin aku terlalu suka, terlalu menikmati drama ini, jadi rasanya seperti ditinggal pergi pas lagi sayang-sayangnya. 

Duh, berasa pacar aja euy. 

Tapi kurang lebih begitulah. 
Mau menulis review ini pun, aku ingin berhati-hati memilih kata, agar kesan yang kurasakan dapat tersampaikan dengan baik. 

Nah, baiklah, intronya terlalu panjang. 

Bagiku, menonton Mr. Queen seperti menaiki roller coaster. Aku mengalami campuran emosi dan pengalaman. 

Episode-episode awal, diajak ngakak sama tingkahnya SoBong (So Yong-Bong Hwan) yang tidak memenuhi standar etika Joseon. Lalu dibuat baper sama Cheoljong yang mulai menatap So Yong dengan begitu lembut. Lantas kita dibikin harap-harap cemas, tegang sampai nangis bombay ketika trik politik istana mengancam para pemeran utama dan mengorbankan nyawa. 

Makam batu dengan pedang itu masih membuat hatiku terpecah belah menjadi serpihan 🀧

"Kamu berhasil menemukanku lagi ya, oraboeni. Bahkan ketika aku bersembunyi."

Padahal aku tidak suka dengan Byeong In, tapi kematiannya yang tragis pada akhirnya juga membuatku sesenggukan. Keinginan dan tujuannya melindungi So Yong--his home and only woman he loved--sampai akhir hayat itu sungguh mengiris-iris hati 🀧

Na In Woo as Kim Byeong In

Tujuan hidup karakter, as we can see on Byeong In's
Salah satu yang kusukai dari drama ini. Semua tokohnya punya tujuan, punya rel yang menjaga kereta (si karakter) tetap melaju konsisten di jalannya. Ini kemudian membuat tiap karakternya berkembang demi tujuan tersebut, yang lantas mbikin ceritanya lebih seru dan dinamis. 

Byeong In ingin menjaga So Yong. Maka mengetahui So Yong menderita di istana, dia memasuki pemerintahan dengan menjadi kepala Departemen Kehakiman. Lalu sadar bahwa ternyata Cheoljong membahayakan So Yong, dia mengincar posisi Menteri Perang agar punya kekuasaan lebih untuk melindungi So Yong. Terakhir, dia merencanakan kudeta yang ternyata bertujuan agar So Yong dan bayinya tidak terbunuh. 

Seol In Ah as Jo Hwa Jin

Hwa Jin mau membantu raja, maka dia memasuki istana. Tapi hasutan demi hasutan dari Ibu Suri membuatnya ambisius hingga dia berubah tamak dan mencelakai Ratu. 

Di akhir cerita, merasa kehilangan diri sendiri, dia memilih melepas posisi selir. Tapi dia tetap berada di rel bernama tujuan karakter itu. Dia tetap membantu Raja dari luar istana dengan perasaan yang lebih lega. 

Rel itu pulalah yang membuat para karakternya tidak useless dan terbuang sia-sia. Seperti dua kawan Raja, chef Dapur Kerajaan, bahkan Kim Hwan yang hobi bergosip dan main-main sepanjang episode itu pun ternyata punya pengaruh besar untuk kelangsungan kerajaan hahaha. 

Youngjae B.A.P as Kim Hwan

Lalu pemijat buta Nenek Suri; pelayan perempuan yang jadi mata-mata Jwa Geun; hingga si topeng goblin (aku puas sekali dia matinya diserang dari dua arah sekaligus 😈). Dam Hyang juga. Siapa sangka pelayan kecil istana dari keluarga Donghak ini ternyata bakal jadi bantuan besar di akhir cerita? 

Character development dan detil-detil kecil ini disusun secara teliti dan rapi oleh chakka-nim, membuatku angkat topi kagum. Di adegan episode awal, sebelum So Yong nyebur ke danau, dia bilang bahwa Raja harus mencintai dia. Sebab dengan cara saling mencintai itulah (the couple power), mereka bisa mengatasi musuh-musuh mereka di istana. 

Karena So Yong ditolak Raja dan nggak mampu mengatasi semua tekanan, didatangkanlah Bong Hwan yang pemberani, sabodo amat, gigih, plus blak-blakan dari masa depan. 

Memanfaatkan keahlian memasak untuk menyelamatkan diri :) 

Hadirnya jiwa doi di dalam tubuh Soyong dengan sifat dan sikapnya itu, dibuat agar Cheoljong sadar akan perasaannya sendiri. Kalau dia tuh sebenarnya suka sama Ratu tapi terhalang rasa bencinya sama klan Kim. Balik lagi ke awal, cuma dengan couple power inilah, cuma dengan So Yong-Cheoljong saling cinta lah, mereka bisa merealisasikan misi besar Cheoljong dan tujuan utama cerita. 

Gimana, cakep kan? Sedetail itu nyusun plot dari sifat Bonghwan yang sesuai sampai makna berlapis-lapis "you must love me" nya So Yong πŸ‘

:(

Apalagi juga, dialog-dialognya pada berkelas. Pemilihan perumpamaan dan dialognya dipilih dengan cermat. Seperti anti-fan, no touch, all-in. Lalu you must love me-nya So Yong yang tadi kita bahas. Monolog doi ketika mengunjungi makam Byeong In di atas juga cakep banget. 

Padahal hanya kalimat singkat, tapi langsung mencuil sikap khasnya Byeong In terhadap So Yong, dan membuatku seketika meneteskan air mata lagi. Yang dilakukan Byeong In semasa hidupnya memang ada di sisi So Yong, kan? 

Semua hal di atas lantas dibingkai oleh akting yang mumpuni dari para pemainnya. Rata-rata memuaskan. Apalagi duet duo pemeran utama drama ini; Kim Jung Hyun dan Shin Hye Sun

Man, i can't say anything. Mereka terlalu totalitas. Chemistry nya terlalu sempurna. Tolonglah, siapapun writer-nim, pd-nim, atau siapalah yang punya ide awal memasangkan mereka di drama ini, terimakasih banyak! Saranghamida! Tivien, saranghanda!! 

Main drama bareng lagi yaa huhuhu. Berlayar di real life juga aku dukung (*halu) 😘

Dan setelah merampungkan 20 episode--terlepas dari satu dua plot holenya--, aku cuma bisa bilang kalau Mr. Queen pantas sekali mendapat rating tinggi dan posisi drama terbaik kelima sepanjang sejarah tvN. 

Lengkap! 
Campuran genrenya (apalagi komedi yang fresh dan cerdas), akting+chemistry, outfitnya yang cakep-cakep, skenario dan plot, ostnya πŸ‘. Nothing to say anymore, this is one of the best 2021's drama of me. Atas bawah lagi ratingnya sama Mr. Sunshine, drama terbaik versiku sepanjang masa πŸ₯Ί

Jjang!


P. S: Oh iya, Mr. Queen juga ada 2 episode spin off berjudul The Secret/Bamboo Forest. Terdiri dari enam klip dengan cerita berbeda, termasuk pertemuan pertama Cheoljong dan So Yong. Jangan lupa ditonton juga ya! 

FAKTA SEJARAH 
Raja Cheoljong adalah raja ke-25 dalam silsilah kerajaan Joseon. Nama aslinya Yi Won Beom/Yi Byeon. Dia adalah anak bungsu dari Pangeran Jeonggye. Nenek dan ibunya terbunuh saat peristiwa persekusi Katolik (1801), dan keluarga Won Beom diasingkan ke Pulau Ganghwa. 

Raja sebelumnya, Heonjo (anak dari Ibu Suri dalam drama), mangkat tanpa punya pewaris. Klan Andong Kim sebagai klan yang paling berkuasa saat itu, mencari raja pengganti. Ditemukanlah Choeljong di pulau Ganghwa, diadopsi oleh Ratu Seonwon, dan dilantik menjadi raja. Dia sebetulnya hanya saudara jauh Heonjo, tapi masih satu buyut dari raja Yeongjo.

Won Beom yang sebelumnya hanya petani di pulau Ganghwa, dipilih bukan karena mumpuni. Justru karena literasinya rendah, klan Kim memilihnya. Sebagaimana yang digambarkan dalam drama, Cheoljong dikenal dengan sebutan raja boneka. Klan Kim membutuhkan seseorang yang bisa mereka manipulasi sebagai alat untuk menguasai pemerintahan. 

Bonus photo. Dayang-dayang Ratu yang Setia❤

Cheoljong memerintah selama 13 tahun dan wafat pada usia muda, 32 tahun. Kematiannya disinyalir karena campur tangan klan Kim. Cheoljong juga mangkat tanpa meninggalkan keturunan yang berkualifikasi menjadi penerus. Dia hanya mempunyai anak dari selir dan bukan dari Ratu Cheorin.


DRAMA'S CORNER

Drama: Mr. Queen (English title) / No Touch Princess (Early English title) / Queen Cheorin (literal title)

Revised romanization: Cheorinwanghoo

Hangul: μ² μΈμ™•ν›„

Director: Yun Seong-Sik

Writer: Park Kye-Ok, Choi A-Il

Genre: Sejarah, Roman-Komedi, Fantasi

Network: tvN

Streaming: VIU (spin off nya juga) 

Episodes: 20

Release Date: December 12, 2020 - February 14, 2021

Runtime: Sat. & Sun. 21:00

Zey's Review: 4.7/5



 












Komentar