Beranda

Langsung ke konten utama

Review SPACE SWEEPERS (2021); Petualangan Seru Para Pembersih Luar Angkasa


Ini dia film bertema luar angkasa pertama dari Korea yang paling diantisipasi, Space Sweepers. Aku sendiri sudah excited sekali sejak sinopsis, cast dan trailer pertamanya rilis. Neng Aeshin sama kapten Yoo comeback! Wuhu πŸ₯³

Yap, jajaran pemeran utama film ini adalah Song Joong Ki dan Kim Tae Ri. Duo aktor yang sudah pernah tampil keren dalam drama bernuansa laga, DoTS dan Mr Sunshine. Selain itu, juga ada Jin Sun Kyu, polisi jago beladiri di Extreme Job. Dan Yoo Hae Jin yang udah mondar-mandir di dunia film. 


CAST
Tae Ho (Song Joong Ki). Mantan tentara jenius nan terampil perusahaan UTS. Saat ini, bergabung dengan kru Victory sebagai pilot untuk mengumpulkan uang demi menemukan Su Ni. 

Kapten Jang (Kim Tae Ri). Kapten kapal Victory yang badas. Anak jenius pencipta senjata laser dan ranjau EMP. Diam-diam punya dendam pada Sullivan, pimpinan UTS. 

Tiger Park (Jin Sun Kyu). Engineer Victory. Bekas ketua kartel narkoba yang terancam hukuman mati di Bumi. Luar tampak garang, tapi luluh pada anak-anak. 

Sc: Twitter | @K_DramaIndo

Bubs (Yoo Hae Jin, sulih suara). Robot yang ahli menggunakan tombak. Pengatur keuangan kru Victory. Berambisi cangkok kulit agar terlihat seperti manusia normal. 



SINOPSIS
Adalah squad kapal Victory (salah satu kapal pembersih luar angkasa) yang berkeliling mengumpulkan sampah untuk ditukar dengan uang. Dunia saat itu sudah berpusat pada normalisasi hidup di luar angkasa. 

Tahun 2092, bumi sudah tak layak huni. Tumbuhan mati, matahari redup, dan oksigen menipis sehingga manusia harus memakai masker untuk bernapas dengan leluasa. 

James Sullivan, lewat perusahaannya yang bernama UTS, menciptakan koloni baru di luar angkasa, yang hijau dan penuh hutan rindang. Dia juga hendak memprogram satu proyek lagi bernama Mars. 

Finding Nemo eh Dorothy

Nah kembali pada kru Victory. Suatu kali, mereka tak sengaja menemukan Dorothy saat membongkar sampah yang didapat. Rupanya anak itu adalah robot android yang hilang dan diklaim dapat menciptakan ledakan hebat. 

Tae Ho kemudian mengusulkan pada rekan-rekannya untuk menukar Dorothy dengan uang. Robot itu sedang dicari hingga masuk berita, berarti dia adalah barang penting. Maka dimulailah misi itu, yang rupanya mengungkap banyak hal misterius. 


REVIEW
Finally. 
Penantianku berbulan-bulan terbalaskan sudah. Wuhu senang sekali πŸ₯³πŸ₯³

Dan Space Sweepers nggak membuatku kecewa dengan CGI nya yang luar biasa, bahkan sejak awal durasi film. Tampilan orbit (tempat transit antara Bumi dan koloni UTS) yang dilatari langit serta kerlip bintang itu langsung membuat mataku bling-bling juga. Cakep parah! 

Persis dengan ekspektasi dan gambaran di benak yang berharap tampilan space nya bisa sedikit menyamai Star Trek--film Hollywood tentang penjelajahan luar angkasa favoritku. Kru Enterprise, aku rinduu 😚

Sepotong tampilan CGI luar angkasa 🀀

Akting para pemainnya pun tak kalah memuaskan. Udah nggak perlu dibahas kali yah, melihat rekam jejak mereka di beberapa drama dan film. Richard Armitage (aktor the Hobbit asal Inggris) sebagai Sullivan--salah satu tokoh sentral di film ini pun tampil dengan luar biasa. Begitu pula dengan beberapa aktor/aktris asing, kendati beberapa masih terlihat kaku. 

Bicara soal asing, aku sedikit kecewa karena Space Sweepers menurutku terlalu banyak memasukkan unsur di luar Korea. Baik para pemain, dan yang paling terlihat adalah bahasanya. Jadi aku dibuat bertanya-tanya, ini betulan film Korea? Kenapa unsur Koreanya hanya kental terlihat ketika squad Victory ini muncul? 

Memang sih memakai alat penerjemah di telinga, tapi entah terasa kurang mantul aja. 

Kekurangan lainnya di film ini menurutku juga ada pada penyajian karakternya. Porsi Tae Ho, build up dan background tokohnya lebih dominan dibandingkan dengan tiga karakter utama lainnya. Jadi aku sempat bingung, ini sebenarnya kapten kapal Victory, si Jang apa Tae Ho? Saking Tae Ho terlalu menonjol, padahal doi pilot aja hahaha. 

Mau disupirin kemana, Neng? Mars? Pluto?
Sc: Twitter | @K_DramaIndo

Ini juga yang kemudian membuat beberapa hal terasa kurang diexplore dan kemudian menimbulkan plot hole. Seperti cara Sullivan bisa hidup selama itu. Adegan filmnya cuma menunjukkan dia lagi terapi, tanpa penjelasan lebih lanjut metode sains apa yang ditempuh oleh sang saintis ini. 

Scene-scene actionnya pun terasa kurang rapi. Keren juga, tapi shootnya agak berantakan. Kadang pas nonton aku pause dulu. Eh ini serangan si Tae Ho kena kemana nih? Si Bubs nancepin tombak ke bagian mana sih? Unsur ini kalau dieksplor banget, bakal jadi nilai tambah menurutku. 

Tapi itu semua nggak mengurangi intensitas keseruan film ini sepanjang durasi. Kita masih bakal diajak seru-seruan sama squad Victory yang suka berantem kalau terkait masalah duit. Ikut tegang mengendalikan pesawat dari serangan. Ikut senyam-senyum sama sifat tsundere nya mereka ketika Dorothy bergabung dalam kapal. 

Kok gemas 🀭

Hadirnya robot dengan wajah dan tingkah imut ini membuat cerita filmnya lebih dinamis. Satu robot ini aja mampu membuat squad kapal ditipu dengan bersin dan kentut, padahal mereka juga sering menggunakan trik-trik demi dapat duit hahaha. 

Gemas banget sama Dorothy. Apalagi interaksi nya bareng Bubs. Make up-an, panggil unnie, padahal Bubs suaranya cowok 🀣🀣

And surprisingly, pemirsa. Ada Om Moo Youl di tengah-tengah durasi! Wowowo. 
Sebagai penggemar beliau sejak film Forgotten, aku kaget dong doi tiba-tiba muncul pake masker dan topi. Eh siapa nih kayak kenal. Ternyata beneran om Moo Yul. Tambah menawan, beraura kebapakan pula. Duh ya Allah. Ambyar ambyar! πŸ˜–πŸ˜–

Paling antusian kalau soal cuan πŸ˜‚

Sebagai film bertema luar angkasa pertama Korea, Space Sweepers bisa dikatakan sebagai pembuka jalan. Masih banyak hal-hal yang butuh dieksplor, dan kuharap--sebagai penikmat drama dan film Korea--bakal ada produk layar lebar selanjutnya yang melanjutkan tema luar angkasa ini. 

Sudah lumayan bagus untuk ukuran perdana. Dan aku puas banget nonton setelah menunggu berbulan-bulan. Huhuhu terharu 🀧

Akhir kata, sejak menit awal, sejak Tae Ho menyerahkan sekantung beras yang sulit didapatkan sebagai kompensasi menginginkan sesuatu, aku merasa Space Sweepers ini relate dengan satu ayat dalam kitab suci dan kondisi bumi saat ini. 

Telah tampak kerusakan di darat dan laut akibat ulah manusia. 

Kita terlalu serakah hingga mengekploitasi bumi. Menyebabkan banjir, global warming, kebakaran hutan dan kerusakan di mana-mana. Bisa jadi suatu waktu, bumi sudah mencapai limit, oksigen habis, tanaman tidak tumbuh, dan kita tak akan bisa lagi menikmati--bahkan--sekantung beras dengan bebas. 

Bonus photo. Badass Queen 😚
Sc: Twitter | @K_DramaIndo

FILM'S CORNER 

Movie: Space Sweepers / Spaceship Victory (literal title)

Revised romanization: Seungriho

Hangul: μŠΉλ¦¬ν˜Έ

Director: Jo Sung-Hee

Writer: Jo Sung-Hee

Producer: Jason Yu, Kim Su-Jin, Yun In-Beom

Cinematographer: Byung Bong-Sun

Release Date: February 5, 2021

Runtime: 136 min.

Genre: Sci-Fi

Distributor: Netflix

Rating Zey’s Review: 4/5


Oiya, kamu juga bisa mendengarkan review film Space Sweepers ini di podcast-nya Impresi. Aku diajak collab as a guest oleh founder Impresi, dan kami ngobrol seru disana. Kalau mau mendengarkan, silakan klik disini ya. 
Disclaimer: Obrolan kami di podcast full spoiler. Bagi yang tidak berkenan, silakan di skip.














Komentar