Skip to main content

Review dan Sinopsis Film COLLECTORS (2020); Mencuri Artefak dari Dalam Tanah


Meet Collectors! 

Film Korea yang betah ada di posisi box office selama tiga minggu di masa tayangnya. Kabar terakhir menyebutkan doi berhasil meraih keuntungan sebesar 12 juta dolar US. Satu fakta yang menarik, film ini mulai booming di KorSel lewat kabar mulut ke mulut (word of mouth) para penontonnya yang menilai Collectors dengan positif. 

Collectors dibintangi oleh jajaran pemain watak kelas atas KorSel. Sebut saja Lee Je Hoon (Signal, Architecture 101), Jo Woo Jin (The Battle: Roar to Victory, Goblin), Shin Hye Sun (Mr. Queen, Innocence), dan Im Won Hee (Along With The Gods).

SINOPSIS 

(translated from Asian Wiki

Kang Dong-Goo (Lee Je-Hoon) adalah seorang perampok makam elit.  Dia bekerja dengan ahli mural makam kuno, Dr Johns (Jo Woo-Jin) dan  penggali legendaris, Sabdari (Lim Won-Hee).

Sementara itu, kurator Yoon (Shin Hye-Sun) adalah ahli seni kuno.  Dia menawarkan kesepakatan yang menarik, tapi berbahaya untuk Kang Dong-Goo.

Baca juga: Review Signal (2016); Bukan Sekedar Drama Thriller-Crime

REVIEW

Plot Collectors mengingatkanku pada The Swindler-nya Hyun Bin, dari latar belakang Dong Gu mencuri artefak, hingga twist (mungkin lebih tepatnya penjelasan) di menit-menit terakhir. Endingnya juga seketika me-rewind ingatanku tentang adegan salah satu serial Fast and Furious. Plot yang terbaca lah ya.  

Jo Woo Jin as Dr. Johns

Nah, yang membuatnya berbeda adalah ide tentang karakter pencuri makam ini. Sependek yang kutahu, belum ada film Korea yang mengangkat tema tersebut. Which is jadi hal positif dari film ini. 

Dari Dong Gu and the gank, kita bakal diajak memahami satu dua sejarah-sejarah artefak KorSel. Patung budha, mural, sampe pedang raja Joseon. 

Selain itu, intensitas keseruan film ini juga lumayan. Apalagi ditambah karakter Dong Gu yang tengil plus cerewet, yang kadang ngeselin, kadang pula jadi moodmaker. 

Lee Je Hoo as Dong Gu. Pengen kutampol rasa-rasanya 😌

Lalu ada pula adegan masterpiece--yang banyak menuai pujian dari netizen Korea--dari film ini. Yaitu misi gila dari kurator Yoon; menggali makam ilegal di tengah-tengah Seoul! 

Bukan hanya adegan pencurian, lokasi makam raja di Gangnam itu juga hampir mendekati aslinya. Set sempurna yang sukses membuatku bertanya-tanya ketika nonton. Ini mereka beneran bikin terowongan bawah tanah di Gangnam nih? 

Im Won Hee as Sabdari

Selain itu, aku baru tahu, bahwa ternyata screenwriter Collectors adalah Hwang Dong Yuk PD-nim, sutradara sekaligus salah satu penulis naskah Miss Granny; film bergenre keluarga yang masyhur dan sudah beberapa kali di-remake. Versi Indonesianya pun ada, Sweet 20, dibintangi oleh mbak Tatjana.

Pantes, aku suka banget sama komedinya ekekekekek. Miss Granny banget!

Baca juga: Review Film Miss Granny (2014); Petualangan Manis Nenek Oh Mal Soon 

Duo kawakan om Woo Jin dan Won Hee nggak perlu diragukan lagi bikin film ini jadi kocak betul. Cobain deh, Goblin dan Mr Sunshine kalau mau tengok Woo Jin ahjussi jadi karakter lawak. Dan You're All Surrounded-nya Seung Gi kalau mau nonton on Won Hee jadi kepala polisi agak childish yang ngakak-able. 

Ditambah lagi ada om Sung Tae jadi cameo (Watcher, The Swindlers). Tampangnya sih meyakinkan banget garangnya, tapi ampun dah ternyata uhuk 🤣

Akting para pemainnya pun cakep-cakep parah, bahkan supporting cast nya juga. Menurutku nggak ada yang terlalu menonjol, semua rata, kecuali Hye Ri yang cerewet kayak Dong Gu hahah. Karakter kurator mbak Hye Sun--yang jadi alasanku nonton film ini--as always diperankan dengan mempesona, tapi di ending aku merasa Yoon Se Hee ini hanya sebagai "pelengkap" saja. Di awal cerita terasa kuat, tapi akhirnya melempem. 

Collector's Squad! Sc: Twitter | @kdramaroom

Tapi overall, Collectors bisa banget buat nemenin waktu luangmu. Komedi seger, serunya dapet, bonus om Je Hoon yang bertransformasi jadi tampan di adegan menjelang ending hahaha. 

Kemarin aku baca wawancara om Je Hoon, katanya doi mengharapkan main bareng lagi sama Hye Sun. Tahu sendiri lah ya, akting sang mbak ratu di Mr. Queen ini nggak perlu diragukan lagi. Dan setelah nyelesain Collectors, aku mau bilang kalau mereka cocok banget!

Yok bisa yok lead romcom drama kayak wish nya om Je Hoon 😆 

Mbak Hye Sun auranya nggak main-main laaafff


FILM'S CORNER

Movie: Collectors (English title) / Tomb Theft (literal title)

Revised romanization: Dogool

Hangul: 도굴

Director: Park Jung-Bae

Writer: Hwang Dong-Hyuk

Release Date: November 4, 2020

Runtime: 114 min.

Genre: Crime

Distributor: CJ Entertainment










Comments