Langsung ke konten utama

Review 365 REPEAT THE YEAR (2020); Penuh Plot Twist yang Aduhai!


Satu lagi drama misteri dari MBC yang sangat menarik untuk ditonton. Kali ini bertajuk time travel, dengan campuran misteri serta thriller, yang diadaptasi dari novel Jepang berjudul "Repeat" karya Kurumi Inui.  365 Repeat The Year adalah drama pertama MBC di slot Senin-Selasa setelah stasiun televisi nasional tersebut mengosongkan slot selama beberapa waktu. 

Drama ini mencatut Nam Ji Hyun sebagai pemeran utama wanita, yang sekaligus menjadi comeback sang aktris setelah hiatus selama 2 tahun. Lalu ada Lee Joon Hyuk sebagai male lead, aktor ganteng yang sebelumnya membintangi drama misteri The Lies Within dan Designated Survivor 60 Days. 
PLOT
Ji Hyeong Ju (Lee Joon Hyuk) mengalami kehilangan yang teramat sangat ketika partner polisinya, Park Sun Ho, dibunuh oleh salah seorang tersangka yang pernah mereka tangkap. Pria bernama Oh Myung Chul itu dengan tega meletakkan mayat Sun Ho yang berlumuran darah di rumah Hyeong Ju. 

Beberapa bulan berlalu, dan Hyeong Ju masih berduka. Suatu hari, seorang perempuan tak dikenal meneleponnya. Mengatakan bahwa ia bisa membantu Hyeong Ju kembali ke masa lalu dan memperbaiki takdir.

Hyeong Ju dan Sun Ho

Hyeong Ju mengacuhkannya. Wanita misterius itu kemudian menyebutkan tentang kecelakaan kereta yang akan terjadi beberapa hari lagi, lengkap dengan waktu kejadian, jenis kereta, dan jumlah korban, lalu meminta Hyeong Ju memastikan hal itu untuk membuktikan bahwa ia berkata benar. 

Kecelakaan itu benar-benar terjadi, dan Hyeong Ju memutuskan ikut dalam misi guna menyelamatkan Sun Ho dari pembunuhan. Misi itu bernama "Reset" yang digagas oleh Lee Shin (Kim Ji Soo), psikiater wanita yang menghubungi Hyeong Ju dan 10 orang lainnya, termasuk Shin Ga Hyeon (Nam Ji Hyun), penulis serial webtoon "Hidden Killer."

Maru Chakka-nim 💕

Sesuai dengan namanya, reset berarti mengatur ulang. Mereka bisa kembali ke satu tahun sebelumnya, dan mengubah takdir yang dirasa buruk. Misi ini tampak berhasil ketika takdir mereka berubah. Namun, satu per satu kemudian mati, seolah dikutuk karena berani membelokkan jalan takdir. Hyeong Ju dan Ga Hyeon--yang berubah dekat setelah melakukan reset bersama--memutuskan menyelidiki hal ini, sebelum nyawa mereka berdua juga menjadi taruhan.

REVIEW
365 Repeat The Year benar-benar mengajak kita berpikir keras di tiap episodenya. Mulai dari aturan-aturan Reset, tujuan sebenarnya Lee Shin mengajak 'jamaah' itu dan bukan orang lain, hingga memecahkan misteri pembunuhan. 

Kalo kata netizen, nonton drama buat ngilangin stress malah tambah stress hahaha. 
Nonton separuh jalan aku memilih untuk tawakkal, ikut jalan takdir writer-nim nya aja daripada pusing dan ditipu terus. Iya, selain diajak nebak-nebak, drama ini juga secara brutal ngasih plot twist yang nggak nanggung-nanggung. Buset dah. Double pressure. 

Epiknya, plot twist ini justru bikin ceritanya jadi sulit dibaca, dan berhasil membuat kreatifitas penonton melonjak untuk membuat teori-teori baru. Selain itu, sajian plot ceritanya tetap utuh hingga ending. Rapi dan nggak messy!

Makang Police Station's Squad!

Kukira bakal pindah jalur jadi genre drama setelah pelakunya ketahuan kan, tapi alhamdulillah tetep bikin gregetan sampe episode terakhir. Dan ditutup dengan proporsional, sehingga aku sebagai penonton nggak teriak-teriak minta season dua hahaha. 

Sayangnya drama ini adaptasi ya, bukan ide orisinal. Kalau ori, pasti bakal jadi nilai tambah. Meski begitu, eksekusi dramanya mulus dan berhasil bikin misuh-misuh, apalagi sama sikapnya Lee Shin yang sok misterius dan mencurigakan banget. Kalo udah gayanya songong seolah mempermainkan nyawa gitu rasanya pengen tak jambak.

Kim Ji Soo as Lee Shin

Beruntungnya masih ada Hyeong Ju yang ceria nan tampan, dan interaksinya yang manis sama Ga Hyeon. Jadi Hyeong Ju ini fans webtoon Hidden Killer sejak lama, dan selalu gagal mendapatkan tanda tangan sang penulis, yak si Ga Hyeon. Reset bareng dan kerjasama bareng buat memecahkan misteri-misteri pada akhirnya membuat Hyeong Ju seperti seorang fans yang beruntung. 

Kerjasama mereka juga lah yang perlahan mengurai tiap benang misteri menjadi jalinan data. Latar belakang Ga Hyeon yang penulis serial webtoon kriminal bikin doi mudah mengurai teka-teki. Dipadukan sama gercepnya Hyeong Ju mengeksekusi tiap peluang kejahatan yang mungkin muncul dari diskusinya bareng Ga Hyeon. Perfect partner :D


Overall, aku bisa bilang kalo drama ini masuk salah satu drama misteri terbaik tahun ini. Dan layak masuk list tontonanmu!

Baca juga: Review Hi Bye Mama; Drama Keluarga yang Menguras Air Mata

DRAMA'S CORNER
Drama: 365: Repeat The Year (English title) / 365: One Year Against Destiny (literal title)
Revised romanization: 365: Woonmyungeul Geoseureuneun 1nyeon
Hangul: 365 : 운명을 거스르는 1
Director: Kim Kyung-Hee
Writer: Kurumi Inui (novel), Lee Seo-Yoon, Lee Soo-Kyung
Network: MBC
Episodes: 24
Release Date: March 23 - April 28, 2020
Runtime: Monday & Tuesday 21:00 (35 minutes each / 2 episodes per day)
Streaming/Download: VIU








Komentar