Langsung ke konten utama

MR. SUNSHINE #1; DRAMA KOREA RASA FILM


Setelah sukses dengan Descendants of The Sun dan Goblin, penulis naskah Kim Eun Sook menelurkan karya lagi dengan drama barunya, Mr. Sunshine. Ia kembali berkolaborasi dengan Lee Eung Bok, sutradara yang membuat cerita Kim Eun Sook menjelma spektakuler. Dan seolah menjadi label, dengan duo kreatif ini, drama Mr. Sunshine berhasil menjadi tontonan yang ditunggu-tunggu dan digandrungi seperti dua drama Kim Eun Sook sebelumnya (Descendants of The Sun dan Goblin: The Lonely and Great God)

Secara garis besar, Mr Sunshine bercerita tentang anak laki-laki Joseon bernama Choi Yu Jin/Eugene Choi (Lee Byung Hun) yang berimigrasi ke Amerika. Saat dewasa, dan sudah menjadi tentara, ia ditugaskan ke Joseon, dan malah jatuh cinta dengan gadis bangsawan bernama Go Ae Shin (Kim Tae Ri)

Source: Google
Gilak gilak.

Netizen Korea katanya sempat sangsi sama dua main cast drama ini, Lee Byung Hun dan Kim Tae Ri. Pasalnya, rentang umur mereka beda jauh, dan diragukan bakal punya chemistry apik. Tapi setelah nonton drama ini sampe episode 16 (dan sekarang masih ongoing), aku rasa anggapan itu terbantahkan sempurna! Gak nampak, broh. Chemistry nya dapet, wajah dan pandangan jatuh cintanya keliatan, seolah jarak 20 tahun ga ada sama sekali! Seriusan! Uwuwuwuwuwuw...

Bener, aku speechless nonton akting mereka. 
FYI, Lee Byung Hun ini aktor Korea bertaraf internasional. Dia sudah berkarir di Hollywood. Aktor jempolan istilahnya. Mr Sunshine jadi comeback dramanya dia setelah bertahun-tahun. Meski terpesona sama ahjusshi ini, jangan kecewa ya karena dia udah menikah dan punya anak satu.

Sedangkan Kim Tae Ri, aktris yang biasa nge-film. Dia pertama kali jadi main cast di drama ya di Mr. Sunshine ini. Kalau kulihat filmatografinya di internet, memang masih sedikit, tapi aktingnya bukan akting rookie. Mantap ga ada duanya. Cocok lah dia dipasangin sama Lee Byung Hun.

Kembali ke Mr. Sunshine.
Drama ini digarap pra produksi, jadi dramanya diproduksi jauh hari sebelum tayang di televisi. Kabarnya Mr Sunshine ini digarap selama 1 tahun, di empat musim yang berbeda, dan jadi salah satu drama yang biaya produksi nya gede. Wajar karena sekelas Lee Byung Hun yang main, dan  sinematografinya yang setara film. Belum lagi cast dan peralatan yang banyak karena ada cerita perang-perangnya. 

Jadi si Eugene Choi (Lee Byung Hun), dulunya adalah budak di Joseon. Karena suatu peristiwa tragis, dia lari ke Amerika dan meniti karir sebagai tentara disana, hingga mencapai jabatan Komandan  Korps Marinir. Suatu waktu, dia dipindahtugaskan ke Joseon oleh sang Kepala. Alkisah, karena masih dibayangi peristiwa masa lalu yang menjadi sebab ia meninggalkan Joseon dan pindah ke Amerika, ia berikrar menjadi warga Amerika,  dan tidak mau mengakui tanah kelahirannya. Ia beranggapan Joseon tak menyediakan tempat bagi para rakyat dengan kasta rendah. 

Suatu malam, saat melaksanakan misi di Joseon, ia tak sengaja bertatap muka dengan Go Ae Shin (Kim Tae Ri), gadis bangsawan yang meniti jalan sebagai pejuang kemerdekaan (Pasukan Kebenaran). Kisah kehidupannya di Joseon kemudian diwarnai dengan gadis ini.

Source: Google
Go Ae Shin (Kim Tae Ri); gadis bangsawan nan cantik. Kedua orantuanya meninggal saat ia baru lahir. Ia dibesarkan oleh kakeknya yang merupakan orang terpandang di Joseon. Saat sudah dewasa, mewarisi orantuanya, ia tertarik pada persoalan kenegaraan dan memutuskan menjadi seorang pejuang. Ia ingin menjadi api, dan tidak hanya menjelma bunga yang diam di rumah lalu menikah dengan sesama bangsawan pula. Ae Shin mempunyai tunangan,  Kim Hui Seong yang diperankan oleh Byun Yo Han, yang sudah 10 tahun belum kembali dari Jepang. 

Source: Google
Cerita mereka berdua ini kemudian berkembang. Menjadi beberapa tokoh seperti Gu Dong Mae (Yeo Yoon Suk); yakuza sangar tapi berhati lembut. Kudo Hina (Kim Min Jung); pemilik Hotel Glory nan cantik dan perkasa, Kim Hui Seong (Byun Yo Han); tunangan Ae Shin yang slengean. Lee Wan Ik, tokoh antagonis di drama ini. Joseph Stanson, bapak asuh Eugene di Amerika yang seorang misionaris. Penembak Jang; guru Ae Shin, dan masih banyak yang lain.

Di episode-episode awal, kalian mungkin akan bingung sama banyaknya tokoh yang muncul bergantian. Aku sendiri sampai sekarang kadang mengulang satu episode dengan dua kali nonton buat ngerti ceritanya dan apa maksud ucapan tokohnya. Iya, nggak hanya banyak tokoh, tapi kadang ucapan cast nya juga tersirat dan butuh pengulangan buat mengerti (udah kayak buku pelajaran aja haha). Bisa dibilang, kita juga diajak mikir sama tante Kim Eun Sook :D. Bagus juga kalau dipikir-pikir, karena drama ga cuma sebagai hiburan aja, tapi juga sarana pembelajaran. Jadi sabar aja ya nontonnya wkwkw.

Dan setelah nonton sampe episode 16, aku errr...agak sedikit bosan kalau bisa dibilang. Kenapa? Bagiku, ceritanya agak lambat, alurnya mungkin dibuat begitu. Tapi beruntungnya, diselamatkan oleh kisah manis Eugene-Ae Shin, dan karakter trio pemuda yang suka sama Ae Shin (Dong Mae, Hui Seong, sama Eugene), serta Kudo Hina yang badassss. 

Karakter-karakter lima tokoh utama di posternya badaiiii semuaaaa, ga ada yang ga keren. Ae Shin sama Eugene ahli ngokang senjata. Dong Mae sama Hina maennya pedang. Hui Seong dengan slengeannya ngebawa humor dan suasana segar kalau ada scene nya dia. Kesimpulannya, karakter para pemainnya kuat, dan bisa kubilang, menciptakan karakter banyak yang membekas di benak pemirsa begitu ga bakal berhasil kalau yang nulis belum berpengalaman. Ini sekaligus membuktikan kualitas Kim Eun Sook nya sendiri. Nah, keunggulan drama ini juga ada di bahasa yang dipake. Tokoh-tokohnya dituntut untuk menggunakan bahasa Inggris, Korean dan Jepang. 

Source: Google
Oiya, psstt..yang paling aku suka dan aku baperin dari drama ini adalah proses pacarannya Eugene sama Ae Shin. Faktor latar waktu pra modern membuat pacarannya mereka itu tradisional banget. Jadi ga bebas pegang-pegangan, peluk-pelukan. Pegangan tangan aja udah berasa romantis bangeeett. Dan gombalan-gombalan yang gak pasaran, yang sukses bikin aku baper-baper sendiri. Duuhh..

Info lagi gaiiss, hak siar drama ini dibeli Netflix dan disiarkan ke puluhan negara. Dan kabarnya bakal nyampe 24 episode. Kalau di Korea sendiri, ditayangin di tv kabel yang sama kayak Goblin, tvN. 

Cerita fenomenal, sinematografi juara, cast yang ciamik, dan chemistry serta karakter pemain yang apik, membuat Mr. Sunshine meraup rating tinggi untuk ukuran tivi kabel di setiap penayangannya.

Jadi yakin nih, ga mau nonton dramanya?
Mumpung masih gress dan masih ongoing loh hahahaha..

Baca review final Mr. Sunshine disini.


Komentar