Langsung ke konten utama

Review Film FORGOTTEN (2017)


Kapan lalu, iseng-iseng baca thread rekomendasi film Korea di twitter. Salah satu yang ada di thread itu adalah filmnya Kang Ha Naeul di tahun 2017 berjudul Forgotten. Kalau diingat-ingat, kayaknya film ini pernah muncul sebagai salah satu film yang ditayangkan di Festival Film Korea di Indonesia tahun 2018.  

Nah karena penasaran, googling info tentang Forgotten. Rupanya bergenre thriller. Tapi kok ya poster sama trailernya bikin merinding, maklum bukan penyuka film horor :D. Coba nonton sendiri ternyata bikin deg-degan, akhirnya memutuskan cari temen aja lah buat eksekusi hahaha. And that is, hasilnya adalah postingan blog ini. 
PLOT
Narasi awal film dibuka dengan Jin Seok (Kang Ha Neul) dan keluarganya yang pindah ke rumah baru. Rumah bernuansa coklat dan berlantai dua, yang terasa familiar bagi Jin Seok. Tapi hanya selintas di pikirannya, dan hilang seiring waktu.

Tapi rupanya, kecurigaan awal Jin Seok ini nyata. Terdapat satu ruangan di rumah itu, yang pintunya selalu terkunci dan tidak boleh dibuka oleh pemilik rumah sebelumnya. Dan anehnya, beberapa kali Jin Seok merasakan sesuatu yang tidak beres di kamar itu. Dari suara-suara misterius, hawa seseorang yang keluar dari ruangan itu, dan lain-lain.

Puncaknya adalah saat suatu malam ia dan kakak laki-lakinya, Yoo Seok (Kim Moo Yeol), sedang berjalan-jalan. Yoo Seok pulang lebih dulu setelah menerima telepon dari sang ayah. Jin Seok yang menyusul setelahnya harus melihat kakaknya dibawa pergi oleh sekelompok penculik. 

Usaha-usaha menemukan Yoo Seok pun dilakukan. Hingga pria itu kembali beberapa hari kemudian, dengan keadaan lupa atas peristiwa di hari-hari penculikannya.  Jin Seok lantas merasa bahwa Yoo Seok bukanlah kakaknya yang asli. Sifatnya yang berubah, dan kaki pincangnya yang (ternyata) tidak pincang. 

Kecurigaan yang pada akhirnya juga mengarah pada ibu bapaknya, dan membuat Jin Seok harus menghadapinya sendirian, di tengah ketidakmampuan dan beban psikologis yang dideritanya. 


REVIEW
Astaga. Aku merinding pas nulis ini, men. 

Suasana thrillernya emang patut diacungin jempol, udah kayak latar-latar film horor. Bunyi deritan, lampu temaram, backsound kelam, dan si Yoo Seok malah ngagetin dari belakang. Astaga, pengen ngumpat bawaannya. 

Yang bikin film ini juara sih adalah plot twist yang aduhai dari pertengahan film. Berhasil bikin hah heh hoh pause film sambil mikir bentar, dan bertahan sampe durasinya habis. Plot twist serta teka-teki yang bikin Forgotten ga cukup ditonton sekali buat ngerti keseluruhan cerita secara utuh. 

Lalu soal akting pemainnya, Kang Ha Neul dan Kim Moo Yeol sanggup menampilkan karakter dalam naskah secara nyata. Jin Seok yang psikologisnya kurang baik dan Yoo Seok yang seolah berkarakter ganda. Kedua aktor kenamaan itu berhasil bikin filmnya bernyawa, sekaligus bikin jatuh cinta. Et, tapi jangan terlalu mendalam yak jatuh cintanya, Moo Yeol sunbae-nim udah beristri pffft.

Kalau soal kelemahan Forgotten, ada di salah satu scene yang bagiku masuk kategori jumpscare. Setelah filmnya habis, adegan itu menjadi ga penting ada di tengah cerita. Kemudian ending (kalau ini bukan kelemahan sih) yang sebelumnya menurutku lempeng banget, setelah nonton kedua kali aku jadi paham. Dari sudut pandang penulis, serta emosi-emosi yang melanda kedua pemerannya, itu ending yang proporsional.

Sama seperti review kali ini yang ga terlalu detail, karena nanti bakal jadi spoiler. Soalnya, Forgotten ga bakal nikmat ditonton kalo udah tahu teka-tekinya. Jangan lho ya, jangan coba-coba cari spoiler ^o^


FILM'S CORNER

Movie: Forgotten (English title) / Night of Memory (literal title)

Revised romanization: Gieokui Bam

Hangul: 기억의 

Director: Jang Hang-Jun

Writer: Jang Hang-Jun

Producer: Park Joon-Sik

Cinematographer: Kim Il-Yeon

Release Date: November 29, 2017

Runtime: 109 min.

Genre: Mystery / Thriller

Distributor: Megabox Plus M 
IMDb: 7.4/10
Streaming: Netflix






Komentar