Langsung ke konten utama

Review FIND ME IN YOUR MEMORY; Romansa Pria Hipertimesia dan Aktris Ceria

"Aku hanya ingin berpikir dan menjalani hidup secara sederhana, seperti menghitung sampai angka lima atau enam. Jadi aku bisa menyelesaikan hitungan dengan dua tanganku saja."
(Seo Yeon)

Source: Soompi

Nonton Find Me In Your Memory karena penasaran, netizen banyak bilang interaksi dua pemeran utamanya sangat menggemaskan. Dicoba lah satu dua episode, dan perkembangan karakter male lead nya ternyata memang bikin nagih. Rupanya aku juga dibuat jatuh cinta oleh anchor-nim yang awalnya dingin, tapi malah lumer perlahan setelah jatuh hati.

Pemeran utama drama ini adalah Kim Dong Wook, aktor yang berperan sebagai tentara cerewet di Along With the Gods series. Di dunia drama, doi pernah membintangi Special Labor Inspector Jo, yang mengantarkannya meraih piala Daesang MBC tahun 2019. Lalu ada Moon Ga Young, aktris cantik kelahiran Jerman, sebagai female lead.


PLOT
Lee Jung Hoon (Kim Dong Wook) berkarir sebagai pewarta. Ia diberi kelebihan--atau siksaan?--bisa mengingat setiap detil kecil dalam hidupnya. Dalam dunia psikologi, hal ini disebut hipertimesia atau sindrom mengingat superior. 

Bagi Jung Hoon, mengidap hipertimesia berarti mengembalikan kenangan buruk saat melihat cinta pertamanya (Seo Yeon) mati secara tragis. Meski nyatanya sudah sekian tahun berlalu, ia masih saja dilanda trauma hingga sesak napas saat salju turun--latar suasana ketika peristiwa itu terjadi.

Suatu kali, ia terlibat skandal pacaran dengan aktris cantik kenamaan Korea, Yeo Ha Jin (Moon Ga Young). Mereka pertama kali bertemu saat Ha Jin tampil sebagai bintang tamu di berita acara yang dipandu Jung Hoon. 


Awalnya, Jung Hoon ingin menjauh dari Ha Jin dan membantah gosip, karena gadis itu entah kenapa mengingatkannya pada Seo Yeon. Tapi kemudian Ha Jin diteror oleh stalker, yang ciri-ciri kasusnya persis dengan pria obsesif terhadap Seo Yeon dulu. Jung Hoon memutuskan untuk menyelidiki dan  mengawasi Ha Jin. 

Sementara itu, Ha Jin yang jatuh cinta pada pandangan pertama, berusaha mendekati Jung Hoon. Mulai dari mengiyakan skandal pacaran, sering bertanya kabar, padahal Jung Hoon sudah pernah berkata kalau dirinya masih tidak bisa melupakan Seo Yeon. Tapi kegigihan dan keceriaan gadis itu ternyata meluluhkan hatinya perlahan, dan membuat Jung Hoon bertekad untuk tidak takut menerima cinta lagi.


REVIEW
Seperti yang sudah disebutkan di kalimat pembuka, aku nonton ini gara-gara penasaran, katanya chemistry Dong Wook-Ga Young manis banget padahal gap umurnya jauh. Dan emang iya pemirsa, apalagi sama perhatian dan senyumnya anchor-nim! Wuwuwu.


Proses pdkt nya juga natural banget, jadi berasa ikutan deg-degan bareng Ha Jin. Seneng ditanyain kabar padahal Jung Hoon cuma mastiin si stalker nggak ganggu, antusias milih baju ke siaran radio di tempat kerja Jung Hoon sambil ngarep ketemu doi, sampe dugun-dugun pas dikasih senyum. 

Apalagi pas mereka beneran pacaran. Kalo kata netizen, hubungan mereka ini dewasa banget, nggak manja. Bener juga. Nanti bakal keliatan pas Ha Jin udah inget masa lalunya. Jung Hoon bilang kalo dia-lah kali ini yang bakal berusaha deketin, Ha Jin cukup diam dan menunggu. Dong Wook yang emang notabene umurnya lebih tua, jadi keliatan banget sikap dewasanya. 

Sejenis karakter cowok yang diidam-idamkan yak. Mengayomi, perhatian, ganteng lagi. Eaaaa.

Ha Jin minta pendapat doi soal film
soalnya project film yang ditawarin pada bagus
Langsung browsing malem itu juga dong uhuuy

Selain romance-nya yang bikin ambyar, drama ini juga menurutku menarik gara-gara karakter si pria obsesif. Dari doi kita bisa paham gimana 'dalemnya' orang-orang yang terobsesi mencintai seorang wanita. Kondisi psikologis sampe tingkahnya. Yes, psikologi. Kita juga bakal diajak kenalan dan belajar soal hipertimesia.

Katanya, lupa yang biasa dialami manusia, justru merupakan anugerah. Lupa adalah sebuah mekanisme alami untuk menyeleksi ingatan agar otak kita tidak penuh. Mungkin ibarat hardisk laptop atau memori hp, kalo semua file ada dan ga pernah dihapus, bakal lemot atau bahkan hang.  

Jo Il Kwon gija-nim

Tiap karakter di Find Me juga bikin betah nonton. Sebut aja Ha Kyung, adiknya Ha Jin yang mungil tapi jago beladiri. Sisterhood Yeo bersaudara ini asik banget, kek beneran. Lalu ada Jo Il Kwon-gijanim, junior Jung Hoon yang ceria. Bu direktur agensi yang perhatian, dan partner-partner kerja Jung Hoon. Apalagi Kim timjang-nim sama direktur Choi. Duh hahaha, pasangan suami istri yg kocaknya nggak ketulungan. Sayaaang banget lagi sama Jung Hoon :D.

Kim Timjang. Ancheoouu!

Satu dua catatanku sama drama ini ada di pengambilan gambarnya. Kadang ada scene-scene yang boros dan nggak efektif, kek bagian itu sebetulnya nggak usah ditake juga penonton bakal ngerti-ngerti aja. Sama taking scene yang kadang kurang mengutarakan emosi-emosi karakternya. Misalkan aja kalau lagi akting sedih, durasi pengambilan gambarnya kurang lama jadinya emosinya nggak terlalu dapet. 

Selebihnya, FMIYM cukup seru untuk diikuti, meski bagi sebagian orang plotnya bakal terasa pasaran. Ostnya asik-asik pula. Kenapa sih drakor-drakor nih kadang sepaket komplit. Visual iya, plot iya, akting iya, ostnya juga. Kalo ditinggal lagi sayang-sayangnya kan susah :D


DRAMA'S CORNER

Drama: Find Me in Your Memory (English title) / Memoir of the Man (literal title)

Revised romanization: Geu Namjaui Kieokbeop

Hangul:  남자의 기억법

Director: Oh Hyun-Jong

Writer: Kim Yoon-Joo

Network: MBC

Episodes: 32

Release Date: March 18 - May 13, 2020

Runtime: Wednesday & Thursday 21:00 (35 minutes each / 2 episodes per day)

Streaming: VIU





Komentar