Langsung ke konten utama

Berburu Boba Di Surabaya


Sejak beberapa tahun terakhir, boba menjadi penganan manis yang hits. Teksturnya yang kenyal, rasanya yang manis, dan belakangan dipadukan dengan brown sugar, membuat bola-bola tapioka asal Taiwan ini punya tempat tersendiri di hati penikmatnya.

Boba/bubble/black pearl yang dipadukan dengan milk tea, adalah hasil eksperimen manajer sebuah kedai teh di Taichung, Taiwan, yang menyukai fen yuan--puding dari tapioka. Saat rapat, ia iseng memasukkan bola-bola tapioka ke dalam milk tea. Varian ini kemudian menjadi menu baru di kedai teh tersebut, dan lama kelamaan eksis ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Menjamurnya kedai-kedai minuman boba juga sampai di Surabaya, kota metro kedua setelah Jakarta. Dari sekian nama kedai-kedai itu, aku baru mencoba boba dari tiga lini usaha di bawah ini. Kalau kamu mau menambahkan rekomendasi boba lainnya, boleh ketik di kolom komen yha :D 

1. Xiboba
Rasa-rasanya Xiboba udah ga perlu direview lagi kelezatannya, secara outletnya banyak banget, dan masif pertumbuhannya. Jargon di instagramnya bahkan bilang 'the fastest growing F&B in Indonesia' ckckckck.

Source: @xiboba.indonesia

Beberapa kali beli masih jatuh cinta banget sama cheese foam homemade-nya. Soft, gurih, dan bikin nagih. Apalagi lelehan brown sugar di atasnya. Duh, perpaduan yang mematikan. Kalo beli, brown sugarnya ini mesti tak cocol duluan, baru cheese foam-nya. Terakhir baru diaduk hahaha.

Ada rasa khas yang mampir di lidah dari bobanya, kurasa itu dari brown sugar yang digunakan, atau ada rempah tambahan. Yang membuat Xiboba unik, dan bikin pembeli balik lagi buat nyobain varian rasa lainnya. Dari sekian menu boba, aku paling suka yang Fresh Milk Boba. Udah, titik, itu aja :D

Outletnya di Surabaya ada banyak. Di Tunjungan Plaza, Pakuwon Trade Center (PTC), Rungkut, dan masih banyak lainnya. Kalo yang di Rungkut ini di sebelah BNI. Ada Masjid Pandugo ga jauh di seberangnya, di jalan Soekarno yang ramai. Kamu bisa cari tahu di instagram @xiboba.indonesia untuk tahu outlet terdekat dari tempatmu.

Oiya, rajin-rajin juga buka instagramnya doi, karena biasanya ada diskon buy 1 get 1 kalo ada outlet yang baru buka. Kan lumayan, Xiboba ga cukup kalo cuma satu :D

Range harga: 16.000-24.000

2. Kamsia
Sama seperti Xiboba, Kamsia adalah boba yang ramah di kantong mahasiswa. Outletnya juga banyak banget tersebar di berbagai daerah. Kalo kamu tinggal di sekitaran ITS Surabaya, kamu bisa beli Kamsia di daerah Keputih, deket fitness center. Outlet lainnya di Surabaya bisa kamu search di google ini.

Source: kamsiaindonesia.com

Untuk menunya, Kamsia khusus jualan boba dengan berbagai varian rasa, tanpa menu seperti teh atau lainnya. Varian original sama binggan nya dicatut sebagai menu bestseller. Binggan ini varian boba original tapi ditambahin bubuk oreo, err kalo aku ga salah inget ya. Ada pula rasa butterscotch, taro, mocha dan lain-lain.

Aku pribadi baru pernah nyobain salted caramel, ori, sama binggannya aja. Dari ketiga menu itu, yang paling cocok di lidahku adalah yang original. Salted caramel emang keknya ga cocok, soalnya nyoba di Kamsia atau Xiboba sama aja, masih kemanisan. Cocoknya sama yang ori-ori aja keknya hahahaha ooppss.

Range harga: 15.000-21.000

3. Heychago
Kalo dua diatas adalah boba yang affordable buat mahasiswa, kita lanjot ke kedai boba di range harga menengah. Ada Heychago yang buka outlet di foodcourt Royal Plaza, persis di seberang Little Taipei. Mall ini jadi mall tongkrongan favorit mahasiswa, dan beralamat di jalan Ahmad Yani, Wonokromo.

Source: pergikuliner.com

Sama seperti Xiboba, Heychago juga menawarkan rasa yang unik. Nggak, nggak sama, ada rasa yang beda entah di boba atau brown sugarnya. Dan ngehabisin segelas bobanya ga bikin eneg, padahal aku baru makan penganan manis. Kukira bakal ga bisa kuterima karena ada susunya juga, tapi ternyata malah bikin nagih juga.

Selain boba, Heychago juga menawarkan menu macam-macam teh, ada yang original, dan ada pula yang pake tambahan cheese foam di atasnya. Terakhir aku kesana, dia lagi punya varian baru, Rabbit Milk Boba. 

Range harga: 15.000-25.000

Nah, meski gerai boba udah banyak dan kamu suka pake banget sama bola-bola tapioka kenyal ini, perhatikan juga kandungan gulanya yak. Biar ga diabetes ;)

Have fuun ^o^

Komentar