Langsung ke konten utama

Review K-Movie; ALONG WITH THE GODS

Masih di edisi curcolan promo kuota Iflix, di postingan ini aku mau lanjut review film yang kutonton kemarin.
Ini diaa..

3. Along With The Gods; Fantasi Perjalanan Akhirat

Source: Google

Kisah Along With The Gods diangkat dari komik web berjudul With the Gods yang dibuat oleh Joo Ho Min. Versi filmnya sendiri dijadikan dua sekuel, dengan tajuk The Two Worlds (tayang Januari 2018-Indonesia), dan The Last 49 Days (dirilis Agustus 2018), dengan tidak ada perubahan signifikan pada pemeran-pemerannya.

Dilansir dari laman CNN Indonesia, kedua sekuel Along With The Gods laris manis di pasaran Korea. Bahkan sekuel keduanya mencetak rekor sebagai film dengan debut tertinggi di KorSel dalam penjualan tiket di hari perdananya, mengalahkan Mission Impossible; Fallout dari puncak box office harian. Sedangkan sekuel pertamanya mendapat status sebagai film Korea kedua yang ditonton sepanjang masa. 

Along With The Gods bercerita tentang tiga utusan akhirat yang mengawal arwah di masa 49 harinya. Kalau kamu banyak nonton drama Korea, teori reinkarnasi, 49 hari ini udah ga bakal asing di telinga kamu, saking cukup seringnya dibahas. Barangkali orang-orang Korea masih mempercayai adanya hal itu. Aku inget ada quote, kalo ga salah di drama 49 days, mereka harus sungguh-sungguh dan bersikap baik menjalani hidup agar bernasib sama di fase kehidupan selanjutnya. Melengkapi teori itu, Eun Tak di drama Goblin bilang, kalau manusia itu punya empat fase kehidupan. Kalau ga salah, ada menanam, menuai dan lain-lain. Kesemuanya berkaitan dengan teori reinkarnasi itu.

Nah, di Along With The Gods ini, kalau arwah yang dikawal punya gelar arwah teladan, dia (arwah, red) punya kesempatan untuk mendapatkan anugerah reinkarnasi setelah lolos melewati hukuman pengadilan akhirat. Timbal baliknya, si tiga utusan juga bisa dapetin hak istimewa tersebut kalau  mampu membantu 49 arwah bereinkarnasi.

Source: Google

Gang Rim (Ha Jung Woo), Hae Won Maek (Ju Ji Hoon), dan Lee Dok Chun (Kim Hyang Gi), sudah mereinkarnasikan 47 orang. Jadi perjalanan memperjuangkan dua kesempatan ini yang diceritakan di Along With The Gods. 

Gang Rim, Dok Chun, dan Won Maek.

Di sekuel pertama, trio utusan akhirat membantu seorang petugas damkar, Kim Ja Hong (Cha Tae Hyun) yang berstatus sebagai arwah teladan. Disini kita bakalan diajak menyusuri rupa-rupa suasana fantasi dunia afterlife. Ada neraka ketidakadilan, neraka kedurhakaan, dan lain-lain, tergantung dosa apa yang pernah diperbuat sama si arwah ini. Perjalanan dimulai dari dosa yang paling kecil hingga dosa yang paling besar. Tugas para utusan itu adalah untuk melakukan pembelaan terhadap Ja Hong di hadapan dewa-dewa majelis neraka itu. Jadi si Ja Hong bisa lolos dari hukuman atas dosa, dan sukses bereinkarnasi. Gituuu..


Kalau di sekuel kedua, ceritanya lebih kepada mengorek masa lalu trio utusan itu. Asal muasal kenapa mereka harus mendampingi arwah selama 1000 tahun. Kisah ini ditampilkan secara teliti di tengah-tengah perjalanan Gang Rim mengukuhkan titel 'arwah teladan'nya Kim Soo Hong (Kim Dong Wook), adiknya Ja Hong yang kematiannya misterius. Serta Won Maek dan Dok Chun yang harus berhadapan dengan Dewa Rumah (Ma Dong Seok) dalam misi menjemput arwah kakek yang sudah melewati batas usianya di dunia.

Raja Yeomra (rajanya para dewa) sudah beberapa kali mengirim utusan untuk misi itu, tapi selalu gagal gara-gara dewa rumah ini. Dia jadi pelindung gitu, pokoknya si kakek ga boleh dijemput pergi dulu. Makanya Yeomra kemudian mengutus Won Maek dan Dok Chun. Sementara sang ketua, Gang Rim, dampingi Soo Hong di akhirat. 

Dari dewa rumah inilah, akhirnya Won Maek dan Dok Chun tahu tentang masa lalu mereka, yang ternyata berkaitan erat sama kisah hidupnya Gang Rim. Kalau boleh dikata kisah mereka ini mengejutkan, tragis, dan mengharukan. Itu sebabnya ingatan masa lalu Won Maek dan Dok Chun dihapus sama Yeomra. 


Seru abis.
Nonton Along With The Gods, kita bakal ditampar berkali-kali sama nilai kehidupan. Kita seolah dikasih cermin gede, gini kalo kamu selama hidup selalu berbuat baik, gitu kalo kamu suka berbuat dosa. Baik dosa ataupun sebaliknya, kita pasti bakal dikasih balasan yang serupa. Scene menyentuhnya dapet pas kisahnya Ja Hong yang berkaitan erat dengan baktinya kepada sang ibu. Ga kuat untuk ga nangis :(

Oiya, bahasa isyarat yang dipraktekin Dong Wook disini layak diapresiasi sih. Lancar banget.

Ditambah dengan efek visual atau CGI nya, film ini emang bener-bener layak diganjar penjualan tiket sampai berjuta-juta saat penayangannya. Parah, bagus banget. Sampe speechless mau bilang bagus kayak gimana lagi. Kalo katanya koko Nex Carlos, ga ada obatnya :D

Beberapa efek CGI dg video 480p. Kalo kualitas video lebih tinggi, bakal lebih wah efeknya.

Dan yang ga bikin bosen adalah sensasi humornya. Ada Won Maek yang bikin lucu dengan gaya slengean dan sombongnya. Ada Soo Hong yang super duper cerewet. Ada dua asisten dewa yang ga pernah serius, dan selalu berharap si arwah dapet hukuman aja trus ga jadi reinkarnasi hahaha. 

Ini si Soo Hong masih di dunia, sedangkan Ja Hongnya di akhirat. La dia enak aja main panggil-panggil begitu. Dikata kamar sebelah apa hahaha.

Sama kadang-kadang aku ketawa sendiri ada teori-teori yang dalam ajaranku itu mustahil banget. Misal penggambaran suasana akhirat yang exactly secara nyata ga pernah bisa divisualisasikan, sama teori reinkarnasinya sendiri. Tapi karena emang genrenya fantasi, ya emang bukan kelemahan film ini wkwkwk. Dan kita ga akan pernah bisa menginterupsi ajaran yang dianut orang lain kan. Semua orang punya privacy, punya perbedaan dengan kita, yang ga seharusnya diperdebatkan secara panjang lebar. La kok jadi serius ngunu pembahasannya.

Duo prosecutor yang lawak abis. Ahjusshi yang di kiri itu ntar ganti cast di sekuel kedua.

Kesimpulannya, kamu harus nonton film ini hahahah.
Bener, bagus bin mantap pake banget banget banget banget. 
Kalau kamu penggemar EXO, khusunya D.O, kamu wajib sih nonton film ini. Doi jadi cast di dua sekuelnya, dan aktingnya jadi pemuda traumatis keren banget. 


Oiya, FYI karena temanya ini tentang Iflix, sekuel keduanya ga kutonton disono. Di Iflix cuma ada yang pertama. Along With The Gods 2 kudonlot sendiri wkwk.


Have Fun yaaa..
Semoga bermanfaaat :D
Love <3

Baca juga review film lainnya: The King's Case Note


Komentar