Langsung ke konten utama

BERBURU TIKET PESAWAT GRATIS DI KOREA FESTIVAL!

Anneyonghaseyo, chingu-ya!
Korea Selatan beberapa tahun terakhir menjadi destinasi wisata favorit para turis. Pengaruh Hallyu Wave dari KDrama, KPop, KBeauty, sekaligus alam dan budayanya yang menakjubkan, mempunyai pesona tersendiri bagi para penggemarnya.

Nah, kali ini aku mau sharing gimana caranya kamu bisa dapat tiket pesawat PP Jakarta-Korea gratis!
How? Ottoke?

Jadi ceritanya, sabtu lalu, aku jalan bareng temen-temen ke Lippo Mall Kemang. Niat awal mau ke Mujigae, restoran Korea yang buka salah satu cabangnya disitu. Tralala trilili, dengan penuh ketidaksengajaan, ternyata di atrium mall, di lobbi nya itu, ada Pameran Kesenian Korea! Wah wah waaaaaahh..excited lah kitaaaa. Secara kita semua pada suka Korea an hahaha.

Poto duluu di "Koreaa"😂.
 Source: @zeytanzil

Terniat, setelah makan kita langsung cuss cari tahu, sebenarnya ada rangkaian acara apa ko bisa ada Pameran Kesenian Korea ini. Nah, usut punya usut, ternyata Korean Cultural Center lagi ngadain serangkaian acara, meliputi pameran kesenian, Film Festival, pameran kebudayaan etc, dan itu sudah berlangsung dari awal Oktober. Bahkan ada KPop Concert, KBeauty Roadshow juga di tanggal-tanggal awal.

Acara yang di Kemang ini bertajuk Korean Cultural Association Festival. Ada penampilan kebudayaan dan kesenian di panggung utama; pameran seni meliputi puisi-puisi berpigura, rangkaian bunga, benda-benda seni nan bersejarah. Kita juga bisa nyobain hanbok (pakaian tradisional Korea) selama 7 menit, dan ini gratis tis tis. Lalu bisa nyoba maen panah-panahan (bukan panah cinta yeee hahaha), yang kalau dapat poin tertentu kita bisa dapat hadiah.

Painting Aksara Korea.
Source: @zeytanzil
Satu lagi poin plus nya, di stan panitia kita bisa ambil gratis Korean Tourist Map sama satu buku hijau kayak paspor, yang isinya jadwal Korea Festival sama jreng jreng jreeeng..ini nih kejutannya. Sama dua lembar yang bisa distempel setiap kita datang ke acaranya Korea Festival, dan kalau jumlahnya udah enam atau lebih, kita bisa ikut undian berhadiah yang grand prize nya tiket gratis PP Jakarta-Korea!

Asik banget ga tuh.
Usaha dulu ngumpulin stempel, ikutan undiannya, dan kalau beruntung bisa dapat tiket PP gratis ke Korea!
Kalau bagi aku, lumayan menghemat budget hahaha.

Barangkali awalnya aku cuma excited karena ada Korea Festival. Tapi belakangan aku terobsesi sama tiketnya, sekaligus jalan-jalan asik nonton acara-acara festivalnya. Menarik menarik cuy wkwk.

K-Passport.
 Source: @zeytanzil
Singkat cerita, karena pengen dapet tiket pesawatnya ini, sabtu kemarin aku hunting stempel ke Museum Fatahillah di Kota Tua. Disana ada pameran seni. Berangkat dari Ciputat dan naik kereta jam setengah sembilan dari Pondok Ranji, dengan rute Ranji-Tanah Abang-Manggarai-Jakarta Kota. Boleh dikata lebih simpel naik busway kesana, tapi aku pengen tau gimana rutenya, sekaligus ngetes kartu, bisa apa ndak discan buat naik kereta. Alhasil, belum bisa hahaha.

Kalau kamu belum paham gimana transit-transitnya. Di Tanah Abang kita transit, terus pilih kereta yang jurusan Bogor/Depok, yang kalau di map warna kuning (pokoknya yang arah Manggarai). Transit lagi di Manggarai, pindah kereta ke yang jalur Jakarta Kota (di map warna biru). Aku agak bingung pas transit di Manggarai, secara peron-peronnya banyak syekalee. Aku lebih main aman, naik dari jalur 1, yang jelas tujuannya ke Jakarta Kota wkwk. Maklumin aja yaa..itu pertama kali transit-transitan di Manggarai, jadi biar lebih pasti kalian bisa tanya pak Petugas disana yeeee.

Di Museum Fatahillah, kita bayar ongkos masuk museum, biayanya 10 ribu berdua. Kita sangka bakal ada pameran seni kayak lukisan yang dipajang, terus di bawahnya ditulis penjelasan kayak yang biasanya ada di museum. Ternyata tidak manteman.
Setelah tawaf sampe keringetan, akhirnya mutusin tanya petugasnya lagi, sebenarnya ada dimana pameran seninya ini. Usut punya usut, pamerannya bukan seperti yang kita bayangkan. Cuma ada beberapa layar yang menayangkan adat/budaya gitu, kayak orang lagi nimbun pisang atau apalah, terus standing face yang tengahnya bolong itu, sama beberapa lukisan dengan latar putih di lantai bawah, pas banget setelah pintu masuk.

Salah satu pameran di Fatahillah.
Source: @zeytanzil
Didorong oleh rasa capek habis tawaf, akhirnya kita ga balik lagi nonton salah satu rekaman kesenian yang ditampilin di layar salah satu ruangan di dalem, dan bergegas ke resepsionis buat minta stempel. Jadi ga sempat rekamin apa yang di layar, ga sempat foto sama standing face nya juga, ga nyadar juga sih dia bagian dari pameran kesenian ahaha. Ketauan kalo ga ngerti sama pameran seni :D

Lepas dari KoTu, tujuan selanjutnya adalah Korean Cultural Center di kawasan SCBD, Senayan. Dari KoTu kita naek busway, kamu bisa pilih yang jurusan Blok M atau Bunderan Senayan ya. Turun di halte paling deket sama KCC, Gelora Bung Karno. Saran: Pastikan kamu dapat tempat duduk, karena jaraknya lumayan wkwk.

Niatnya dari halte GBK jalan aja, karena di map lumayan deket. Tapi karena udah lumayan gempor, kita memutuskan naik grabbike. Oiya, KCC ini ngantor di Equity Tower lantai 17. Di kawasan elit perkantoran-bisnis SCBD (Sudirman Central Business District). Nyampe kantornya celingak celinguk, sepi amat. Sambil ngegumam ga jelas ala orang kampung, "Waaaah kantornya elit bangeeet. Bisa tiduran di lantainya yang muluuuuss." Ahahahaha..

Di resepsionis pake nyetor KTP, ganti sama kartu buat bisa masuk ke dalem dan naek lift nya. Kayak kalau kita tap kartu buat masuk halte busway atau KRL. Kalau kalian pernah nonton drama She Was Pretty atau yang ada scene kantorannya, persis lah kayak gitu. Dan fyi, lift disini cepet banget, bikin aku pusing wkwk..

Lagi lagi, acara disini ga kayak bayangan di benak kita. Nama acaranya Korean Folk Painting Exhibition. Kukira bakal di ruangan yang luas, sama ada pameran karya-karya seni yang dipajang. Ternyata ekshibisinya ambil tempat di ruangan minimalis, di tengahnya pada belajar painting, dan di sekitarnya barulah ada apa ya nyebutnya, kayak painting jaman dulu, pake kertas dan alas jaman dulu juga. Aku ga tau namanya hehehe.

Source: @zeytanzil

Source: @zeytanzil

Akhirnya kita liat-liat dan foto-fotoin painting nya aja. Habis itu keliling perpustakaan yang isinya mayoritas pake aksara Hangul sekalian naruh lembaran stempel di boks, sama ruangan IT di sebelahnya. Bonusnya kita dapet temen baru yang juga suka Korea. Dari dia kita dapet info kalau di KCC ini juga ada kelas-kelas buat belajar bahasa Korea, dance dll. Kelas-kelasnya ada di belakang ruang IT itu, dan emang keliatan sih ada kegiatan belajar-mengajar gitu. Di perpusnya juga, ada beberapa siswa Indo yang baca-baca buku. Ternyata geliat pertukaran budaya, seni, bahasa Indo-Korea memang masif.

The books at KCC Library.
Source: @zeytanzil

Oiya, aku lupa cerita ya, pas di Kemang kemarin, kita dapet empat stempel sekaligus. Buat nambal dua sisanya, ya di Museum Fatahillah sama Folk Painting di KCC ini. Sebenarnya kita juga mau ke Film Festival di CGV Grand Indonesia, tapi ga jadi karena tiket online udah sold out semua. Dan kalau mau beli OTS harus cepet-cepetan, dan itu rasanya ga mungkin karena kita ke KoTu di jadwal pertama. Dan emang sehari itu cuma cukup dua tempat aja wkwk.

Karena udah sore, dan kaki udah lumayan gempor, perjalanan kita sampai di KCC aja. Aku pulang naek busway dari halte Bundaran Senayan, ambil jurusan Ciputat. Pulang dengan badan remuk, habis panas-panasan, naek turun halte, kelilingin museum. Tapi sebanding sama perasaan nyemplungin lembar isi stempel ke kotak undian, jalan-jalan ke tempat-tempat baru, sama ngelihat pemandangan Jakarta di Sabtu sore hari.

Jadi, doain aku ya, mudah-mudahan dapet grandprize nya. Atau kalo nggak, dapet hadiah lain yang ga kalah prestisiusnya. :D

KCC Calendar.
Source: @zeytanzil

Dan bagi kalian yang mau berburu juga, atau cuma mau ikutan memeriahkan festival ini, masih ada beberapa acara lagi di akhir bulan. Nanti aku share foto jadwalnya ya. Oiya, pameran di Museum Fatahillah masih ada sampe akhir bulan ini, mungkin kalian bisa kesana juga. Tapi untuk dapat 6 stempel, aku ga tau dengan acara yang tersisa masih bisa dapat 6 atau ga. Kalau ga dapat, barangkali taun depan bakalan ada lagi, stay tune aja di ig nya KCC. Jangan kecewa dulu yah :D

Source: @zeytanzil

Source: @zeytanzil

Akhir kata,
Semoga info ini bermanfaat yaaa..

Have fuuunn :D
Love <3

Komentar