Beranda

Langsung ke konten utama

SQUID GAME (2021); Manusia dan Kompleksitasnya


Squid Game menjadi serial survival asal Korsel yang memuncaki ranking pertama Netflix di lebih kurang 90 negara hanya beberapa hari setelah rilis. 

Kesuksesan drama ini berimbas pada banyak hal. Kepopuleran para pemain dengan meningkatnya jumlah follower instagram secara signifikan, diundang ke acara Jimmy Fallon, posternya dipajang di Billboard dll. 

Di negara asalnya pun, Squid Game sepertinya jadi primadona. Satu dua variety show Korea dan kanal YouTube yang saya tonton tak luput membahasnya. 

Jadi, saya belum terlambat membahas tren Squid Game 'kan ya? (Kalau sekarang sih, sudah telat hahaha) 


SINOPSIS

Gi Hun dan Sang Woo in one frame, ketika permainan tarik tambang. 

Kisah dimulai dengan Seong Gi Hun (Lee Jung Jae), duda satu anak yang sedang kesulitan melunasi hutang-hutangnya. Saking terus menunda-nunda bayar karena tak punya uang, para rentenir berpenampilan garang sampai menerornya ke tempat taruhan pacuan kuda yang biasa Gi Hun datangi. 

Sebenarnya Gi Hun menang, sudah mau melunasi, namun malang sekali uang itu dicuri oleh Sae Byeok (Jung Ho Yeon) saat mereka saling bertabrakan di lorong. Malang tak dapat ditolak, Gi Hun dipukuli dan dipaksa menandatangani kontrak penjualan organ jika tak mampu membayar dalam jangka waktu yang ditetapkan. 

Kemudian, dalam salah satu perjalanan pulangnya di stasiun subway, Gi Hun dihampiri oleh pria yang menawarinya bermain ddakji (lempar kertas cmiiw) dengan hadiah uang jika Gi Hun menang. 

Singkat cerita, dari pria inilah Gi Hun mendapatkan kartu nama dengan tiga simbol yang mengantarkannya bereuni dengan kawan masa kecilnya, Cho Sang Woo (Park Hae Soo), dan menjadi salah satu peserta Squid Game; ajang kompetisi misterius yang beresiko mendekatkan ajal. 


REVIEW
Saya mengamini ucapan salah satu pemeran utama dalam sebuah wawancara, kalau tidak salah Park Hae Soo ataukah Wi Ha Joon, saya lupa. Apapun itu, dia berkata bahwa Squid Game bukan sekedar drama thriller, survival ataupun permainan anak kecil, namun lebih jauh, dia menampilkan dinamika sifat dan sikap manusia. 

Itu benar. 

Lepas menonton maraton di hari pertamanya rilis--dan saya tak bisa beranjak sebelum kesembilan episodenya dituntaskan--, Squid Game memang menampilkan beragam karakter manusia ketika dihadapkan pada uang dan kesempitan waktu. 

Ada kutipan yang sangat berharga, The Power of Kepepet. Manusia akan melakukan apa saja ketika sudah terdesak. Kalau mahasiswa, mengetik makalah dari pendahuluan hingga penutup akan jadi dalam semalam, padahal beberapa hari terakhir melihat laptop saja enggan. 

Sisi psikologi manusia itulah yang dipergunakan Hwang Dong Hyuk sebagai screenwriter sekaligus sutradara untuk jadi bahan bakar para tokoh Squid Game. Sifat asli ketika dihadapkan pada sumber permasalahan paling krusial: UANG. 

Kepepet, hutang dan uang. Sudah cukup jadi hal utama yang mendorong 456 peserta permainan dari berbagai latar belakang untuk mempertaruhkan nyawa demi uang senilai 456 miliar KRW. 

Game meniti kaca; salah satu yang paling menegangkan. 

Kompleksitas sifat manusia inilah yang menurut saya menjadikan serial ini unggul, disamping tensi, plot, serta akting yang saling bahu-membahu membangun kekokohan dinamika Squid Game. Maka tidak heran kalau instagram para pemeran langsung kebanjiran followers. Well-deserved! 

Apalagi Jung Ho Yeon. Hanya dua minggu, followernya sudah melampaui 15 juta (sekarang 23 juta), padahal sebelum Squid Game tayang hanya ratusan ribu. Kabar terakhir yang saya dengar, dia dinobatkan sebagai artis pure aktris Korsel yang paling banyak followernya. 

Fun fact, Squid Game ini adalah debutnya sebagai aktris. Gila. 

Saya belum menonton Alice in Borderland atau The Hunger Games yang kata orang juga bertema survival, namun kesuksesan drama ini tentu saja tak luput dari satu-dua kekurangannya. 

Backstory Hwang Brother kurang dieksplor menurut saya, padahal menarik sekali. Lagipula Jun Ho jadi salah satu pemeran utama. Katanya kalau ada kemungkinan season dua, Hwang PD ingin mengulik kisah ini. 

Lalu tensi yang sangat melar menjelang episode-episode terakhir, jadi terasa lama untuk mencapai konklusi. Jun Ho yang tidak tertangkap-tangkap padahal Front Man adalah orang yang sangat berhati-hati dan lain-lain. 

Cameo ter-excited yang nggak terduga tapi udah nggak seru karena banyak spoiler 🤣

Namun terlepas dari itu--dan salah satu alasan kepopulerannya adalah hal-hal berbau Korea sedang naik daun saat ini menurut saya--Squid Game sangat addicted! Saya bahkan nggak bisa abai sebelum menyelesaikan semua episodenya 😂



Rate: 4.7/5 
Where to Watch: Netflix














Komentar