Beranda

Langsung ke konten utama

WHISPERING CORRIDORS 6 THE HUMMING (2021); Tragically Beautiful



Whispering Corridor 6 adalah seri terbaru dari waralaba horor Whispering Corridor. Franchise ini rupanya masyhur dan berhasil melahirkan artis-artis besar.  Rupanya aku saja, pemirsa, yang baru tahu dan tidak menyadari dia bergenre horor ketika mengunduhnya di Iqiyi. Kaget, bukan penggemar film horor :)

Disclaimer: This review contains of major spoiler.

SINOPSIS

Seorang siswi bunuh diri di sekolah SMA khusus perempuan di Gwangju. Kejadian pilu berdarah yang berlokasi di gudang kumuh lantai tiga. Ruangan bekas kamar mandi yang tak terawat sejak peristiwa sejenis berpuluh tahun lalu.

Noh Eun Hee (Kim Seo Hyung), alumni SMA tersebut memutuskan kembali dan melamar sebagai wakil kepala sekolah. Namun, sejak kepindahannya, dia dikejar-kejar oleh sesosok siswi gaib yang Eun Hee sangka adalah Song Jae Yeon; sahabatnya yang mati mengenaskan di gudang terbengkalai itu.

Eun Hee dan partner guru SMA lainnya

Eun Hee berusaha memecahkan misteri itu bersama Kim Ha Young (Kim Hyun Soo), siswi korban bullying yang secara tak sengaja juga mendengar suara hantu dari gudang. Keduanya mencari tahu peristiwa memilukan yang menyeret seluruh petinggi sekolah dan ingatan Eun Hee yang hilang. 


REVIEW
Review film ini sebenarnya mau kugabungkan dengan tiga film baru Iqiyi lainnya, tapi kurasa akan banyak pembahasan dari ending maupun plot misteriusnya, jadi akan lebih baik kalau dituliskan di satu postingan. 

Ha Young di gudang; lokasi utama sumber horor :)

Anyway pemirsa, horornya menurutku mantap, rasa jijik dari efek makeup belatungnya dapat, sisi ngeri dari adegan tusuk-menusuknya juga sukses bikin menelan ludah. 

Dan, aku suka sekali plot twistnya! Tragically beautiful! 

Ide mengambil peristiwa pemberontakan Gwangju sebagai masa lalu penyebab trauma sepertinya jarang sekali ada di film-film sejenis. [Ah, tentu saja ini dari sudut pandang reviewer yang lebih sering menonton thriller daripada horor :)]

Kebanyakan peristiwa tersebut dieksekusi sebagaimana adanya (peristiwa politik), katakanlah seperti 1987 The Day Comes atau The Man Standing Next. Drama Korea yang mengambil latar Pemberontakan Gwangju kalau tidak salah Youth of May, itupun melodrama romantis. 

Selain itu, film ini juga tragically beautiful karena ada hantu gentayangan yang penyebab kematian dan tempatnya bergentayangan, secara hangat jadi saksi seluruh sejarah. Aku  mencantumkan spoilernya di paling akhir artikel ini, tapi kalau kamu mau merasakan sendiri sensasinya, di skip saja ya :)

For the last, satu kelemahan film ini adalah penyajian cerita yang dimelar-melarkan di hampir separuh durasi awal.

Streaming: Iqiyi|Zey's Review: 4.7/5

STORY EXPLANATION

1. Misteri Hantu Jae Yong
Sosok hantu Jae Yong yang selama ini dikatakan Eun Hee tidak ada, itu hanya halusinasi Eun Hee. Kembalinya dia ke tempat utama kejadian Gwangju yang membuatnya trauma, SMA tersebut, membuat ingatannya perlahan-lahan kembali. 

2. Lantas apakah Jae Yong mati? 
Banyak pendapat soal ini. Bisa jadi dia memang tidak ada, hanya kawan khayalan yang diciptakan Eun Hee untuk mengatasi trauma. Atau dia sesungguhnya hidup, tapi hilang karena dibawa tentara, sebab ada adegan yang men-shoot bagian bawah meja yang kosong beserta selembar partitur yang tertinggal. Maka dari itu, Eun Hee mengunjungi makam yang tak ada namanya, sebab Jae Yong hilang. 
Hmm, menurutku yang terakhir ini yang lebih cocok.

3. Adanya kepala yang terpenggal di toilet.
Itu adalah jasad petugas di menit-menit awal film, petugas yang terkena paku tajam jendela. Nah, dugaanku, Eun Hee jugalah yang menyembunyikannya di toilet, sebab ada satu adegan dia menangis di bilik ditemukannya kepala itu, bersama lautan darah. Di tangan jasad petugas itu juga ada kalung militer abu-abu. 

Kalung itu adalah milik tentara yang dulu menyerang Eun Hee, saat adegan penyerangan di toilet masa lampau, bisa kita lihat Eun Hee sempat menarik lepas kalung sang tentara. Eun Hee menyimpannya, dan sempat menunjukkan kalung itu di kaca gudang saat Eun Hee dewasa mengenakan seragam SMA.

Nah, karena traumanya berkaitan dengan tentara, Eun Hee membenci mereka dan kurasa juga ingin membalas dendam. Ada adegan dia mengacungkan pisau pada salah seorang laki-laki berseragam tentara di parkiran. Hematku, dia memperlakukan jasad petugas kebersihan tanpa kepala itu juga demikian, karena dia punya kebencian pada pria berseragam. 

4. Penjaga Sekolah

Wah, ini plot twist yang paling mewakili jargon review ini, tragis namun indah. Sutradara jeli sekali membuat bapak satpam membaur dengan begitu alami seperti manusia hidup. 

Jadi, si bapak ini sebetulnya sudah mati ditembak tentara dari peristiwa Gwangju itu, saat berusaha melindungi siswanya yang sedang bermain gitar. Dia gentayangan dan secara hangat jadi saksi seluruh sejarah sekolah. Tetap menjaga siswa dan tempatnya mengabdi bertahun-tahun. 

Pantas saja ketika Eun Hee menyapa, sikap tubuh Eun Hee hanya lurus menghadap si satpam muda. Sepanjang durasi seingatku dia juga diam saja dan tidak bicara. Brilian sekali eksekusinya. Saya suka! 














Komentar

  1. Iyaa baru inget, pas nenek misook flashback, dia liat ada jari yg megang bagian belakang mobil tentara. Itu kayaknya jaeyeon. Sedih bgt

    BalasHapus
  2. masih bingung sama kejadian eun hee di RS bareng kepala sekolah. Jadi dia dibawa ke RS krna apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo nggak salah, karena nontonnya udah lumayan lama, kepala Eun Hee terluka habis dipukul tentara di toilet

      Hapus
    2. Aaahh iya-iya, trus yg tangan ditusuk itu, bener kan? sama kenapa eunhee gak dibawa kabur juga sama tentaranya. kayak mereka bawa kabur jaeyoung?

      Hapus
    3. Ditusuk tentara itu ya? Iya bener. Nah, klo alesan kabur itu nggak tahu, mungkin karena diliat Eun Hee pingsan plus terluka, jadi nggak mereka bawa juga. Lebih jauh kriteria korbannya bisa jadi ada kaitannya sama sejarah peristiwa gwangju juga. Tapi spekulasi aja kalo yg terakhir ini 😂

      Hapus
  3. Ooh iya, bisa jadi. Trus sahabat Hayoung bundir gegara ap tuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dia nggak kuat jadi korban pelecehan gurunya

      Hapus
  4. temannya hayoung bunuh diri karna apa sih ka?

    BalasHapus

Posting Komentar

Komentar anda akan ditampilkan setelah ditinjau