Langsung ke konten utama

Review dan Sinopsis THE SCHOOL NURSE FILES (2020); Absurd tapi Seru!

Kalau drama-drama bertema indigo lainnya menampilkan arwah, hantu dan komplotannya, The School Nurse Files punya ide unik. Tokoh female lead drama ini; Ahn Eun Young (Jung Yu Mi) malah melihat jeli dengan berbagai macam bentuk. Ada yang kiyut macam boneka, sampai big size ampun-ampunan kayak monster. Ada yang bentuknya lonjong, ada pula sejenis tungau yang cara basminya cuma bisa dikunyah.

Dengar-dengar sih proses produksi drama ini sudah lama. Nam Joo Hyuk yang jadi partnernya Yu Mi saja sekarang sudah main drama baru bareng Suzy. Eh btw Joo Hyuk disini ganteng amat, bikin kaget. Sejak kapan Han Yi An di School 2015 yang unyu-unyu itu sekarang berwibawa begini. Mungkin efek karakternya doi yang sepantaran sama Eun Young kali ya.

PLOT
Jadi pemirsa, alkisah Eun Young berprofesi sebagai perawat di sekolah, dan bisa melihat jeli. Katanya, jeli-jeli ini adalah wujud sisa-sisa dari keinginan manusia. Kemampuan ini sudah dimiliki Eun Young sejak lama, dan karena itulah doi dikucilkan dan dianggap aneh oleh teman-temannya. 

Lalu suatu kali, siswanya di sekolah disengat sesuatu berupa jeli. Eun Young 'mencium' bau-bau tak sedap dari basemen. Firasatnya bilang, kalau jeli itu bersumber dari ruang bawah tanah yang dikunci dan sudah lama nggak terurus. 

Source: Twitter/K_DramaIndo

Untuk membuka basemen, Eun Young harus berkordinasi dengan Hong In Pyo (Nam Joo Hyuk); guru bahasa Mandarin sekaligus cucu pendiri sekolah. Awalnya In Pyo enggan mengizinkan Eun Young membuka basemen, karena alasan Eun Young aneh. Tapi akhirnya mereka berpetualang bareng juga. 

Dari kasus pertama itulah, rahasia-rahasia sekolah perlahan terungkap. Dari asal-muasal kolam di basemen, sejarah pendirian, sampai perebutan 'lubang napas' oleh organisasi. Semua masalah itu dapat diselesaikan jika keduanya bersinergi; membutuhkan keterampilan Eun Young membasmi jeli dan aura In Pyo yang punya kekuatan khusus.

REVIEW
Meski hah heh hoh sama alur ceritanya, The School Nurse Files masih membuatku terus menekan tombol next sampai episode terakhir. 

Setelah nonton, aku jadi teringat drama Pegasus Market yang juga sama absurdnya, tapi berhasil menarik penonton gara-gara kocaknya nggak ketulungan. Kalau di TSNF, pesona utamanya menurutku ada di interaksi manis In Pyo-Eun Young serta siswa sekolah, sama efek-efek CGI yang bikin jelinya tetap unyu dan nyaman ditonton.

Anyway, alasanku akhirnya maraton drama ini juga gara-gara jelinya lucu hahaha.

Source: Twitter/K_DramaIndo

Selain gara-gara urusan sekolah, Eun Young deketin In Pyo juga karena butuh charger. Kalau doi kehabisan tenaga dan butuh bantuan membasmi monster, auranya In Pyo-lah yang bisa mengatasi. Caranya adalah dengan mengenggam tangan In Pyo. 

Sesimple itu adegan manisnya pemirsah. Tapi pipinya Eun Young yang merona habis ngisi energi dan kesediaan In Pyo buat disentuh itu berhasil bikin senyam-senyum sendiri. 

Udah chemistry-nya bagus lagi, jadi nggak keliatan gap year 11 tahunnya. Akting mereka juga mantul. Berhasil bikin bengek hahaha. Apalagi di episode 1, pas Eun Young mau nembak monster dan diteriakin In Pyo. 

Woi mau nembak apa sih, di depan nggak ada apa-apa! Sambil slow motion, dan ekspresi Joo Hyuk yang saangat memeable. Best scene banget ini 🤣

Ah, bicara soal pemeran, ada om Jerome-nya Vagabond juga disini, jadi guru bahasa inggris. Lumayan, bisa nonton doi ngomong enggres. Syedaapp~

Selain itu, aku juga suka kisah Eun Young sama sahabatnya Kang Sun, yang menjelaskan muasal Eun Young pake pedang mainan dan BB Gun untuk membasmi jeli. I love the way he creates a new perspective of Eun Young's ability. 

"Daripada cemas dan ketakutan, jadikan saja duniamu seperti petualangan, seperti film-film superhero." (Kim Kang Sun)

Yang masih perlu ditambal menurutku ada di plotnya. Seperti asal-usul jeli yang nggak dijelaskan secara gamblang. Sepanjang nonton aku kurang dapat clue-nya. Deskripsinya malah kudapat dari artikel wawancara sang screenwriter, yang bilang kalau jeli adalah sisa-sisa keinginan manusia. 

Nah, baru paham nih, alasan monster yang mirip ikan itu meledak jadi jeli berbentuk hati. Karena doi adalah 'keinginan' manusia yang ingin mendapatkan cinta. 

Masih soal plot, penyelesaian konflik Safe Happiness dan sekolah terasa datar. Dari awal mereka dicatut sebagai ancaman mengerikan--sampai bikin keadaan sekolah chaos, tapi menjelang ending tensinya kendor, laluu ya udah aja gitu. 

Source: Twitter/K_DramaIndo

Selebihnya, The School Nurse Files meyakinkan buat dinikmati sambil goler-goleran. Aku sempat merengut sama musik latarnya. Apa sih kok kayak upacara ngusir setan ala Korea yang ada krincing-krincingnya itu. Ah elah ternyata namanya Eun Young dijadiin ost 🤣

DRAMA'S CORNER

Web Drama: The School Nurse Files (English title) / Nurse Teacher An Eun-Young (literal title)

Revised romanization: Bogungyosa Aneunyoung

Hangul: 보건교사 안은영

Director: Lee Kyoung-Mi

Writer: Jung Se-Rang (novel & screenplay)

Network: Netflix

Episodes: 6

Release Date: September 25, 2020

Genre: Fantasy








Komentar