Langsung ke konten utama

Review HOTEL DEL LUNA; Drama Hits dari Segala Aspek

Poster

Dijadwalkan tayang diantara jeda Arthdal Chronicles season dua dan tiga, Hotel del Luna ternyata mampu menarik minat penonton lebih banyak daripada drama historikal itu. Data terakhir menyebutkan, ratingnya sudah mencapai 10 persen. Bahkan pada penayangan perdananya saja, Hotel del Luna mampu mengungguli Arthdal Chronicles. Untuk ukuran tivi kabel, berada di dua digit angka rating, adalah pencapaian yang hebat. 

Hotel del Luna dibintangi oleh IU/Lee Ji Eun, penyanyi yang sudah banyak menelurkan lagu-lagu hits. List dramanya sudah lumayan banyak, dari Dream High, Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, dan My Ahjusshi. IU dipasangkan dengan Yeo Jin Goo, aktor yang memulai karirnya sejak kecil dan sudah membintangi banyak drama, seperti The Crowned Clown, My Absolute Boyfriend dan lainnya. 
PLOT
Jang Man Wol (IU) adalah seorang pemilik Hotel del Luna, hotelnya para arwah. Karakternya sinis, pemarah dan rewel. Hobinya belanja barang-barang branded, dari perhiasan, baju dan makanan. Mobilnya bahkan memenuhi lahan parkir saking banyaknya. Dewa menahannya di Hotel del Luna, diantara ambang hidup dan mati, gara-gara dosa besar yang diperbuatnya di masa lalu. 

Seribu tahun berlalu, Man Wol dipertemukan dengan Ku Chan Seong (Yeo Jin Goo) lewat sebuah perjanjian. Jiwa ayah Chan Seong yang saat itu dalam keadaan koma, berkeliaran dan tanpa sengaja berkunjung ke hotel. Ada peraturan di hotel, yang menyebutkan bahwa manusia yang belum mati tidak boleh berada disana, atau ia akan benar-benar mati jika Man Wol memergokinya.

Dan itulah yang terjadi. Man Wol menyadari hal itu, dan ayah Chan Seong memohon padanya agar jangan mencabut nyawanya. Ia punya anak yang masih belia, dan tidak tega meninggalkannya tanpa tanggung jawab. Man Wol mengabulkan permintaan itu, dengan meminta ayah Chan Seong menukarnya dengan sang anak, dan berkata akan kembali menagih janjinya 20 tahun lagi. 

Meski berusaha kabur berkali-kali, perjanjian tetaplah perjanjian, apalagi dengan makhluk supranatural macam Man Wol. Chan Seong yang sudah lulus dengan gelar MBA dari Harvard, dan banyak pekerjaan prestisius menanti, harus rela menyerahkan diri bekerja di Hotel del Luna sebagai manajer hotel. 

REVIEW
Gila sih CGI nya.
Bahkan di episode pertama, efeknya udah memanjakan mata banget <3. Ini nih penarik minat utama penonton, eh aku ding :D. Rapih, artistik dan terlihat nyata. Katanya sih gara-gara ditangani sama ahlinya grafic effect (bener ga nih aku nulisnya) di dunia perfilman Koriyah, Studio Dragon.


Selain pesona CGI nya, del Luna juga ngasih warna-warni cerah. Kayak pemilihan lokasi hotelnya yang indah banget kayak di dongeng-dongeng. Lalu bajunya IU yang tiap scene ganti keknya hahaha. Serius, banyak kali dia ganti outfit. Dan sukanya, semuanya cocok dan pas banget sama IU. Sukses bikin dia cantik, imut sekaligus memesona. Duh, kadang jadi pengen nyubit saking lucunya perhiasan-perhiasan yang dipake :D


Terus jangan lupa dong, sama chemistry IU dan Jin Goo. Apiiiiik paraaaah. Aku suka pake banget.
Aktingnya IU keren banget disini, udah banyaaak perkembangan. Dari yang dulu suka dikritik gegara kurang natural dan ekspresif, tapi di del Luna ini berhasil bikin jatuh cintaaa.

Akting supernya itu yang menurut aku, juga ada peran Jin Goo yang ngimbangi disini. Jadi meski kadang di satu dua scene aktingnya IU keliatan kaku, Jin Goo bisa meminimalisir hal itu. Aku baru nonton dramanya Jin Goo yang dia jadi male lead ya disini, la kok bagus banget anak ini aktingnya. Malah kadang ada saat-saat dia lagi ganteng dan bikin jatuh cinta ahahaha.

Duh ga ngerti lagi deh mau bilang bagus kek gimana lagi sama chemistry nya mereka nih. Manis dan ngegemesin di saat bersamaan. Man Wol nya ngambekan, dan Chan Seong yang ngademin. Chan Seong yang penakut dan lemah, ada Man Wol yang selalu ngelindungi.


Dan meski del Luna temanya tentang dunia lain, hantu-hantu a.k.a arwah yang jadi tamu di hotel ga gitu nyeremin. Malah mereka yang jadi salah satu penyumbang humor terbesar di drama ini :D. Sekarang kalo dipikir-pikir, semua pemeran di del Luna ada porsi humornya masing-masing. Yang bikin durasi satu jam tetep worth it buat ditonton.

Ceritanya naburin garem biar ga dideketin hantu-hantu jahat 

Tapi dibalik itu semua, aku punya beberapa catatan buat Hotel del Luna. Satu, aktingnya PO yang di beberapa tempat kurang natural. Chemistry nya bareng Yu Na si anak SMA bagus, meski menurutku disini juga karena Yu Na nya yang ngimbangi. Dan satu dua scene yang durasinya kurang lama, jadi emosinya kurang ngena. Misalkan aja, pas adegan Chan Seong meluk arwah anak perempuan--kecilnya Mi Ra--yang dikutuk sama Man Wol. Niatnya mau ngutuk Mi Ra, Chan Seong malah mindahin kutukan itu ke dirinya sendiri. Yang buat Man Wol kaget dan ga tega di saat bersamaan, karena pengorbanan Chan Seong yang ga mau bikin Man Wol jadi jahat.

Nah scene ini cuma sebentar durasinya, jadi menurutku feel sedihnya langsung diputus gitu aja. Baru mau ngedalemin emosi tapi udah pindah ke scene selanjutnya.

Staf Hotel del Luna :D

Errrr..apa lagi ya? Sepertinya kritiknya udah gitu aja.
Oiya, yang bikin jatuh cinta juga adalah ost nya. Easy listening banget! Semuanya! Kucantumin link download nya dibawah ya kalau mau :D

DRAMA'S CORNER
Stasiun tivi       : tvN
Streaming         : VIU
Link download ost  : ilkpop





Komentar