Langsung ke konten utama

Review SEARCH WWW; Definisi Girls are Run the World

Poster

"Sebenarnya kita hidup untuk apa kalau bukan untuk meraih pencapaian?
Entahlah. 
Tapi kapan kita pernah tahu apa arti kehidupan?
Kita hanya hidup tanpa tahu apapun.
Hidup terus berlanjut, dan kita hanya perlu bertahan."

***
Sutradara Jung Ji Hyun dan screenwriter Kwon Do Eun memulai debut mereka dengan bekerjasama mengerjakan proyek drama yang diberi judul Search WWW. Setelah sebelumnya menjadi co-director drama hits Mr. Sunshine, dan asisten penulis Kim Eun Sook (yang juga merupakan penulis Mr. Sunshine), keduanya menjadi duo epik dibalik layar drama ini.

Mengambil tiga tokoh female lead sekaligus, bisa dibilang WWW adalah terobosan kreatif. Selain main story yang mengusung tema wanita karir di industri IT, ia juga membawa angin segar bagi drama dengan genre romantis yang biasanya hanya berkisah tentang lovey-dovey klasik pria-wanita pemeran utamanya, menjadi 'hanya' pemanis di WWW ini.

Dan tentu saja, karakter trio girl crush, wanita karir nan badasnya sangat apik dan luar biasa dengan dicatutnya Im Soo Jung, Lee Da Hee dan Jeon Hye Jin sebagai pemeran utama wanita. Mereka menjelma menjadi perempuan-perempuan masa kini yang percaya diri, cerdas sekaligus elegan.


PLOT
Bae Ta Mi (Im Soo Jung), adalah direktur di perusahaan portal web ternama Korea, Unicon. Kinerjanya cakap dan ide-idenya taktis, tapi kurang beruntung soal cinta bahkan di akhir usia 30-annya. Suatu waktu, ia dipaksa masuk ke dalam masalah oleh para petinggi perusahaan, termasuk senior yang notabene adalah sahabat dekatnya, Song Ga Gyeong (Jeon Hye Jin). Ia kemudian pindah haluan bekerja di perusahaan pesaing, Barro. Di Barro inilah Ta Mi bertemu dan menjadi rekan kerja Cha Hyeon (Lee Da Hee)

Kisah ketiganya kemudian mengalir. Bergiliran antara permasalahan di industri portal web seperti  google dan dibumbui dengan kisah asmara. Antara Ta Mi-Park Morgan (Jang Ki Yong), CEO Millim Sound yang berfokus pada aransemen game; Cha Hyeon- Seol Ji Hwan (Lee Jae Wook), sang aktor yang berkepribadian kalem nan manis; dan Ga Gyeong-Oh Jin Wook (Ji Seung Hyun), pria konglomerat yang dinikahi Ga Gyeong selama 10 tahun gara-gara relasi bisnis.


REVIEW
Pas nyoba episode pertama, aku langsung jatuh cinta sama karakter Ta Mi disini. Tangkas, elegan, tapi juga mudah sekali bersosialisasi. Pokoknya lovable. Maka dari itu lanjut nonton meski diawal sudah disuguhi adegan dewasa. Tidak eksplisit, tapi mengejutkan. Cukup sampe bilang, "hei wth baru episode satu udah ada beginiannya. Ini drama woi, bukan film :(."

Tapi itu cukup bisa ditolerir karena latar umur pemerannya memang ada di rentang 20-30 an wkwwk.


Dan sejak Ta Mi pindah ke Barro yang punya warna tema oren itu, aku langsung jatuh cinta sama desain interior dan suasana kerja disana. Prinsipnya slow but sure. Pake baju bebas, kerja boleh dimana aja, boleh sambil nge game pulak. Duh, tempat kerja impian banget nih Barro <3. Ditambah dirutnya baiiiiik dan asik banget. Brian Min daepyo-nim, i'm ur faaan :D. 


Dan sepanjang sisa episode, dunia kerja di Barro inilah yang banyak disorot. Jungkir baliknya tim khusus dengan Ta Mi sebagai ketua untuk membuat Barro menjadi penguasa pangsa pasar portal web pertama di Korea, mengalahkan Unicon yang udah lama betah di posisi teratas. Dan Search WWW juga ga ketinggalan dong menampilkan kerjasama tim yang hebat, namanya juga dunia kerja. Mereka solid dan kompak banget. Sukaaa <3

Yes this is an 'office'. Fancy dan nyenengin banget ya?

Lalu bicara soal romantisme, kita mulai dari first couple, Ta Mi-Morgan. Mereka ketemu di spot game dan Morgan terkesan sama karakter Ta Mi yang kompetitif. Ngobrol panjang lebar, dan berakhir jadi cinta satu malam. Bagi Ta Mi begitu, tapi Morgan tidak menganggap Ta Mi hanyalah kenangan sementara. Dimulailah usaha-usaha cowok ganteng ini buat ngedapetin hati Ta Mi seutuhnya.

At least, Ta Mi sebenarnya juga udah naruh hati sama Morgan. Niru ucapannya dia, 'siapa yang ga bakal tertarik sama pria muda dan tampan sepertimu' wkwkwk. Hanya saja mereka punya prinsip yang berbeda.

Ta Mi belum menjadikan nikah sebagai prioritas dan selalu memikirkan gimana nanti hubungan ke depannya kalo belum pacaran aja udah beda prinsip. Sedangkan Morgan punya impian membangun keluarga bahagia dengan gadis yang dicintai, dan karena masih muda dia mikirnya 'kalo aku suka sama kamu ya ayo jalanin aja, pacaran aja, ga usah pusing mikirin pernikahan kalo kamu ga mau, toh aku ga buru-buru juga.'

Konflik inilah yang terus membayangi hubungan keduanya. Dan jujur, aku sempet bosen di tengah-tengah cerita gara-gara kayaknya konfliknya muter aja disitu. Galau mulu bawaannya :(

Tapi kuakui, chemistry mereka dapet untuk ukuran noona-dongsaeng. Morgan yang kadang bisa dewasa di umurnya yang 28, dan Ta Mi yang punya sisi kekanak-kanakan di umurnya yang ke 38, bisa bikin betah ngikuti jalan cerita cinta mereka. Oya, jangan lupa sama senyumnya Ki Yong yang semanis gula aren hahaha.

Skak mat! :D

Dan kesenduan serta galau-galaunya Ta Mi-Morgan ini dapat diminimalisir dengan manisnya kisah cinta Cha Hyeon dan Seol Ji Hwan. Bikin gemas dan ketawa-ketawa sendiri :D

Jadi Cha Hyeon ini punya hobi nonton drama makjang yang tayang di pagi hari. Salah satu aktor yang di highlight sama dia adalah Ji Hwan, gegara aktingnya bagus banget dan bikin Hyeon gregetan. Karena penasaran, Hyeon searching profilnya dia, tapi ga ada satu situs pun yang membahas Ji Hwan. 

Nah, ga disangka-sangka, mereka ketemu secara ga sengaja. Hyeon yang ahli judo dan berkarakter gahar ga bisa diem aja ada penjahat yang lari setelah mendorong jatuh siswi SMA. Jadilah kaki Ji Hwan dia hadang, yang pada akhirnya membuat aktor kalem itu masuk rumah sakit. Dan faktanya, saat itu Ji Hwan lagi syuting hahahaha.


Dari pertemuan itulah, keduanya berubah dekat. Meski awalnya Hyeon merasa bertanggung jawab udah salah anggep dan ngebuat Ji Hwan cuti sementara dari pekerjaan,  tapi makin kesini dia malah jatuh cinta beneran sama Ji Hwan. 

And i adore this couple so much :D

Segemas itu, dan semanis itu interaksi mereka. Sampe ga rela pisah, dan butuh drama romantis lanjutan yang ngambil mereka jadi tokoh utama hahaha. Meski sebenarnya kalo dipikir-pikir, screenwriternya udah cukup ngasih closure, dengan ngasih ending yang pas, sesuai porsi dan ga bikin fans Hyeon-Ji Hwan demo ga puas.

Nonton last ep drama aktor favorit
Dan baru nyadar kalo yang di tivi pacarnya sendiri hahaha

Oiya fyi, Da Hee-Jae Wook ini gap umurnya sampe 13 tahun. Ga keliatan sejauh itu, dan cocok banget. Jae Wook baru debut di Memories of The Alhambra, katanya sih lolos audisi yang diselenggarakan Vast Entertainment, agensinya Hyun Bin. Dan untuk ukuran aktor rookie, aktingnya bukan kaleng-kaleng. Udah kayak akting bertahun-tahun. Jae Wook udah bikin aku jadi fansnya dia seketika. I'll wait for ur next project, Jae Wook-ssi <3.

Nah, kalo dua couple diatas menyajikan kisah cinta para jomblowati, Ga Gyeong sama Jin Woo ngasih cerita tentang kehidupan pernikahan. Beda tingkat, umur dan permasalahan. Bagi mereka, pernikahan hanyalah ikatan bisnis. Selama 10 tahun hidup bareng tanpa cinta dan baru nyadar arti satu sama lain saat memutuskan untuk bercerai.


Jin Woo baru bener-bener menampakkan diri sebagai suami sesungguhnya dan secara terbuka ngaku kalo sebenarnya dia sayang sama Ga Gyeong. Dan Ga Gyeong ga menampik kalo dia merasa aman berada disamping Jin Woo.


Lalu ga ketinggalan ada humor-humor cerdas dan mengena, yang ngebuat aku seketika inget sama Mr. Sunshine. Bahkan di beberapa scene aku bisa ngelihat ada bayang-bayang Kim Eun Sook disana wkwkwk. Pun ada satu dua aktor yang sebelumnya main di Mr. Sunshine, kayak A Ra yang sebelumnya jadi cewek anggota Pasukan Kebenaran dan nyamar jadi geisha di Hwawollu itu. Saat ketahuan sama tentara Jepang, dia diselametin Ae Shin dan minta pertolongan Eugene untuk kabur ke Shanghai.


Jin Woo, suaminya Ga Gyeong, jadi sahabat bapaknya Ae Shin di Mr. Sunshine (Song Young). Di DOTS doi juga ada, jadi tentara Korut rekannya Joong Ki, yang waktu itu minta bantuan Joong Ki mengembalikan dia ke negaranya.

Trus Pyo Joon Soo yang jadi playboy disini, padahal sebelumnya kejem banget jadi Mori Takashi. Aku sampe ketawa-ketiwi sendiri gegara karakternya beda jauh hahaha.


Oiya, ada satu cewek lagi yang aku notice. Gegara cantik, blak-blakan tapi lucu, sama pede banget. Namanya Yoon Dong Jo, pacarnya si Pyo Joon Soo. Doi apa ya, selebgram mungkin kalo bisa dibilang.


Dan setelah sampai di akhir episode aku bisa menyimpulkan kalo Search WWW ini berkesan cerdas dan elegan. Dari main story-nya tentang industri IT yang bikin kita belajar banyak serta berasa ikutan kerja di Barro sama Unicon, karakter trio wanita karir nan girl crushnya, bumbu-bumbu romance, dan humornya. Yang bikin Search WWW seperti satu paket super lengkap dan jadi salah satu drama terbaik di pertengahan tahun 2019 ini, menurut versiku.

Trio badasss <3


DRAMA'S CORNER

Drama: Search: WWW (English title)

Revised romanization: Geomsaekeoreul Ibryeokhaseyo: WWW

Hangul: 검색어를 입력하세요: WWW

Director: Jung Ji-HyunKwon Young-Il

Writer: Kwon Eun-Sol

Network: tvN

Episodes: 16

Release Date: June 5 - July 25, 2019

Runtime: Wed. & Thu. 21:30

Streaming/Download: Netflix, VIU

 


Komentar